PENGGUNAAN PERMAINAN “LEMPAR DADU MENUJU SEHAT” SEBAGAI MEDIA EDUGAMES TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK DI DUSUN GENITEM SIDOAGUNG
PENGGUNAAN PERMAINAN “LEMPAR DADU MENUJU SEHAT” SEBAGAI MEDIA EDUGAMES TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK DI DUSUN GENITEM SIDOAGUNG
2016-07-15
en
Thesis
text
Tingginya angka kecacingan pada anak usia sekolah dikarenakan mereka
sering bermain atau kontak dengan tanah yang merupakan tempat tumbuh dan
berkembangnya cacing-cacing perut. Faktor lain yang dapat mempengaruhi
infeksi kecacingan adalah perilaku cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan permainan “Lempar Dadu Menuju Sehat” sebagai media
edugames terhadap peningkatan perilaku cuci tangan pakai sabun anak di Dusun
Genitem Sidoagung.
Penelitian ini bersifat pre/pra eksperimen, dengan desain penelitian One
Group Pre-Posttest Design. Subyek dari penelitian ini anak usia 7-10 tahun yang
ada di Dusun Genitem sebanyak 45 anak. Perlakuan dalam penelitian berupa
penggunaan permainan “Lempar Dadu Menuju Sehat” untuk meningkatkan
pengetahuan dan praktik anak tentang CTPS yang diharapkan akan menjadi
perilaku bagi anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner, form penilaian dan ember yang telah diinovasikan untuk anak praktik
cuci tangan secara langsung. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan
uji statistik menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang bermakna penggunaan
permainan “Lempar Dadu Menuju Sehat” sebagai media edugames terhadap
perilaku cuci tangan pakai sabun pada anak di Dusun Genitem Sidoagung. Hal
tersebut dapat dilihat dari tingkat pengetahuan anak tentang CTPS dan juga
praktik CTPS pada anak yang akan menimbulkan perilaku CTPS. Terlihat secara
statistik dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) atau p value sebesar 0,000<0,05 untuk
tingkat pengetahuan, dan Aysmp. Sig (2-tailed) atau p value sebesar 0,000<0,05
untuk praktik CTPS pada anak.
Kata Kunci : Cacingan, CTPS, edugames, lempar dadu, perilaku