PENGGUNAAN PERMAINAN “LEMPAR DADU MENUJU SEHAT” SEBAGAI MEDIA EDUGAMES TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK DI DUSUN GENITEM SIDOAGUNG

PENGGUNAAN PERMAINAN “LEMPAR DADU MENUJU SEHAT” SEBAGAI MEDIA EDUGAMES TERHADAP PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA ANAK DI DUSUN GENITEM SIDOAGUNG
2016-07-15
en
Thesis
text
Tingginya angka kecacingan pada anak usia sekolah dikarenakan mereka sering bermain atau kontak dengan tanah yang merupakan tempat tumbuh dan berkembangnya cacing-cacing perut. Faktor lain yang dapat mempengaruhi infeksi kecacingan adalah perilaku cuci tangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan permainan “Lempar Dadu Menuju Sehat” sebagai media edugames terhadap peningkatan perilaku cuci tangan pakai sabun anak di Dusun Genitem Sidoagung. Penelitian ini bersifat pre/pra eksperimen, dengan desain penelitian One Group Pre-Posttest Design. Subyek dari penelitian ini anak usia 7-10 tahun yang ada di Dusun Genitem sebanyak 45 anak. Perlakuan dalam penelitian berupa penggunaan permainan “Lempar Dadu Menuju Sehat” untuk meningkatkan pengetahuan dan praktik anak tentang CTPS yang diharapkan akan menjadi perilaku bagi anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, form penilaian dan ember yang telah diinovasikan untuk anak praktik cuci tangan secara langsung. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang bermakna penggunaan permainan “Lempar Dadu Menuju Sehat” sebagai media edugames terhadap perilaku cuci tangan pakai sabun pada anak di Dusun Genitem Sidoagung. Hal tersebut dapat dilihat dari tingkat pengetahuan anak tentang CTPS dan juga praktik CTPS pada anak yang akan menimbulkan perilaku CTPS. Terlihat secara statistik dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) atau p value sebesar 0,000<0,05 untuk tingkat pengetahuan, dan Aysmp. Sig (2-tailed) atau p value sebesar 0,000<0,05 untuk praktik CTPS pada anak. Kata Kunci : Cacingan, CTPS, edugames, lempar dadu, perilaku