KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI STASIUN
KERETA API TUGU YOGYAKARTA
TAHUN 2016
KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI STASIUN
KERETA API TUGU YOGYAKARTA
TAHUN 2016
2016
en
Thesis
text
Permasalahan sanitasi tempat umum merupakan suatu hal yang penting untuk
dikaji dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut mengingat masih adanya
permasalahan di bidang kesehatan terkait dengan sanitasi di tempat umum. Maka
dari itu perlu dilakukan upaya melindungi, memelihara dan mewujudkan
lingkungan yang sehat pada stasiun sebagai sarana dan bangunan umum. Upaya
yang dapat dilakukan adalah dengan berbagai upaya pengendalian faktor risiko
penyebab timbulnya penyakit, yaitu salah satunya dengan melakukan inspeksi
pada stasiun khususnya sanitasi toilet. Dari hasil pengalaman sebelumnya
menggunakan toilet di stasiun kereta api yang kondisinya kurang bersih dan bau
sehingga peneliti ingin mengetahui lebih detail kondisi fasilitas toilet di stasiun
kereta api tugu Yogyakarta Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi
fasilitas sanitasi toilet dengan kepuasan pemakai toilet di Stasiun Kereta Api Tugu
Yogyakarta. Penelitian ini adalah survey dan observasi dengan pendekatan cross
sectional atau pengumpulan data mengenai kondisi Fasilitas Sanitasi Toilet.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang mengunakan toilet di
Stasiun Kereta Api Tugu pada jam 12.00 – 15.00 WIB. Sampel yang ada dalam
penelitian ini adalah pengunjung stasiun kereta api yang mengunakan fasilitas
sanitasi yang ada di stasiun kereta api dan mau dilibatkan menjadi responden.
Sampel diambil dengan mengunakan metode (insidental sampling) teknik
penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara
kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel,
bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keadaan kondisi
fasilitas sanitasi toilet di stasiun kereta api tugu yogyakarta sumuanya laik sehat
(100%) dan Tingkat kepuasan pemakai toilet di stasiun kereta api tugu yogyakarta
puas (100%). Saran bagi pengelola jasa fasilitas sanitasi toilet diharapkan tetap
menjaga kebersihan toilet agar lebih nyaman saat digunakan dan tidak
menimbulkan bau yang kurang sedap. Bagi pihak stasiun kerata api melakukan
pengawasan dan penilaian pengelola toilet terhadap kinerjanya sehingga pengelola
bekerja lebih baik lagi dan melakukan perbaikan dengan cepat ketika ada fasilitas
toilet yang rusak.
Kata Kunci : Kondisi Fasilitas Sanitasi Toilet, Kepuasan Pemakai Toilet