KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI STASIUN KERETA API TUGU YOGYAKARTA TAHUN 2016

KEPUASAN PEMAKAI TOILET DI STASIUN KERETA API TUGU YOGYAKARTA TAHUN 2016
2016
en
Thesis
text
Permasalahan sanitasi tempat umum merupakan suatu hal yang penting untuk dikaji dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut mengingat masih adanya permasalahan di bidang kesehatan terkait dengan sanitasi di tempat umum. Maka dari itu perlu dilakukan upaya melindungi, memelihara dan mewujudkan lingkungan yang sehat pada stasiun sebagai sarana dan bangunan umum. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan berbagai upaya pengendalian faktor risiko penyebab timbulnya penyakit, yaitu salah satunya dengan melakukan inspeksi pada stasiun khususnya sanitasi toilet. Dari hasil pengalaman sebelumnya menggunakan toilet di stasiun kereta api yang kondisinya kurang bersih dan bau sehingga peneliti ingin mengetahui lebih detail kondisi fasilitas toilet di stasiun kereta api tugu Yogyakarta Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kondisi fasilitas sanitasi toilet dengan kepuasan pemakai toilet di Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta. Penelitian ini adalah survey dan observasi dengan pendekatan cross sectional atau pengumpulan data mengenai kondisi Fasilitas Sanitasi Toilet. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang mengunakan toilet di Stasiun Kereta Api Tugu pada jam 12.00 – 15.00 WIB. Sampel yang ada dalam penelitian ini adalah pengunjung stasiun kereta api yang mengunakan fasilitas sanitasi yang ada di stasiun kereta api dan mau dilibatkan menjadi responden. Sampel diambil dengan mengunakan metode (insidental sampling) teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan/insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa keadaan kondisi fasilitas sanitasi toilet di stasiun kereta api tugu yogyakarta sumuanya laik sehat (100%) dan Tingkat kepuasan pemakai toilet di stasiun kereta api tugu yogyakarta puas (100%). Saran bagi pengelola jasa fasilitas sanitasi toilet diharapkan tetap menjaga kebersihan toilet agar lebih nyaman saat digunakan dan tidak menimbulkan bau yang kurang sedap. Bagi pihak stasiun kerata api melakukan pengawasan dan penilaian pengelola toilet terhadap kinerjanya sehingga pengelola bekerja lebih baik lagi dan melakukan perbaikan dengan cepat ketika ada fasilitas toilet yang rusak. Kata Kunci : Kondisi Fasilitas Sanitasi Toilet, Kepuasan Pemakai Toilet