ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN FISIK RUANG KELAS
TERHADAP KELELAHAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PANCUR
KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG
ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN FISIK RUANG KELAS
TERHADAP KELELAHAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PANCUR
KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG
2016
en
Thesis
text
Kelelahan disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal.
Kualitas lingkungan fisik merupakan salah satu faktor penyebab kelelahan dari
faktor eksternal. Apabila kualitas lingkungan fisik dalam ruang kelas secara
keseluruhan tidak memenuhi syarat akan berdampak kepada kelelaham siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara suhu,
kelembapan dan pencahayaan dengan kelelahan siswa di SMPN 1 Pancur. Jenis
penelitian ini adalah survey dengan desain cross sectional. Respoden diambil
secara acak yaitu siswa kelas VII dan VIII sebanyak 51 siswa. Variabel bebas
adalah suhu, kelembapan dan pencahayaan, dan variabel terikat adalah tingkat
kelelahan siswa. Data diuji normalitasnya dengan Kolmogorov-Smirnov kemudian
dianalisis dengan uji Karl Pearson pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian
adalah suhu dan kelembapan ruang kelas tidak memenuhi persyaratan, sedangkan
pencahayaan memenuhi persyaratan. Berdampak kepada responden dari 51 siswa
43 atau 84,4 % siswa dalam kondisi lelah. Hasil uji Karl Pearson dengan α = 0,05
diperoleh Sig. (2-Tailed) untuk suhu 0,825, kelembapan 0,982, dan pencahayaan
0,858. Berarti tidak ada hubungan antara suhu, kelembapan dan pencahayaan
terhadap kelelahan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa secara deskriptif
kualitas lingkungan fisik berpengaruh terhadap kelelahan.
Kata Kunci: Kualitas lingkungan fisik, suhu, kelembapan dan pencahayaan, ruang
kelas, tingkat kelelahan siswa