ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN FISIK RUANG KELAS TERHADAP KELELAHAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PANCUR KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG

ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN FISIK RUANG KELAS TERHADAP KELELAHAN SISWA DI SMP NEGERI 1 PANCUR KECAMATAN PANCUR KABUPATEN REMBANG
2016
en
Thesis
text
Kelelahan disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Kualitas lingkungan fisik merupakan salah satu faktor penyebab kelelahan dari faktor eksternal. Apabila kualitas lingkungan fisik dalam ruang kelas secara keseluruhan tidak memenuhi syarat akan berdampak kepada kelelaham siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara suhu, kelembapan dan pencahayaan dengan kelelahan siswa di SMPN 1 Pancur. Jenis penelitian ini adalah survey dengan desain cross sectional. Respoden diambil secara acak yaitu siswa kelas VII dan VIII sebanyak 51 siswa. Variabel bebas adalah suhu, kelembapan dan pencahayaan, dan variabel terikat adalah tingkat kelelahan siswa. Data diuji normalitasnya dengan Kolmogorov-Smirnov kemudian dianalisis dengan uji Karl Pearson pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian adalah suhu dan kelembapan ruang kelas tidak memenuhi persyaratan, sedangkan pencahayaan memenuhi persyaratan. Berdampak kepada responden dari 51 siswa 43 atau 84,4 % siswa dalam kondisi lelah. Hasil uji Karl Pearson dengan α = 0,05 diperoleh Sig. (2-Tailed) untuk suhu 0,825, kelembapan 0,982, dan pencahayaan 0,858. Berarti tidak ada hubungan antara suhu, kelembapan dan pencahayaan terhadap kelelahan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa secara deskriptif kualitas lingkungan fisik berpengaruh terhadap kelelahan. Kata Kunci: Kualitas lingkungan fisik, suhu, kelembapan dan pencahayaan, ruang kelas, tingkat kelelahan siswa