PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA TOILET UMUM ANTARA YANG DIKELOLA PAGUYUBAN ANUGERAH TIRTO DENGAN PEMILIK WARUNG DI PANTAI PARANGTRITIS KABUPATEN BANTUL
PERBEDAAN KEPUASAN PENGGUNA TOILET UMUM ANTARA YANG DIKELOLA PAGUYUBAN ANUGERAH TIRTO DENGAN PEMILIK WARUNG DI PANTAI PARANGTRITIS KABUPATEN BANTUL
2017-06-15
en
Thesis
text
Permasalahan di bidang kesehatan terkait dengan sanitasi di tempat umum yang
dapat menjadi tempet penularan penyakit dengan intensitas jumlah dan waktu
kunjungan tinggi. Penularan penyakit dapat terjadi di tempat-tempat umum karena
kurang tersedianya air bersih, jamban sehat, kurang baiknya pengelolaan sampah,
air limbah dan lain-lain. Dari hasil survey pendahluan sebelumnya toilet yang
disediakan di Pantai Parangtritis kondisinya kurang bersih dan bau sehingga
peneliti ingin mengetahui lebih detail kondisi fasilitas toilet yang disediakan di
Pantai Parangtritis khususnya pada toilet yang dikelola Paguyuban Anugerah
Tirto dan yang dikelola Pemilik Warung.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui perbedaan kepuasan pengguna
toilet umum antara yang dikelola Paguyuban Anugerah Tirto dengan Pemilik
Warung di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul.
Metode dalam penelitian ini yaitu survai dengan pendekatan cross sectional yang
hasilnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji T-test Bebas.
Lokasi penelitian ini adalah toilet umum di Pantai Parangtritis. Obyek penelitian
ini adalah wisatawan yang menggunakan toilet umum di Pantai Parangtritis.
Hasil penelitiannya adalah Kondisi sanitasi toilet umum yang dikelola oleh
Paguyuban Anugerah Tirto dan Pemilik Warung di Pantai Parangtritis
keseluruhan (100%) dinyatakan “Laik Sehat”. Tingkat kepuasan pengguna toilet
umum yang dikelola oleh Paguyuban Anugerah Tirto di Pantai Parangtritis
sebanyak 31 orang (49,21%) menyatakan “Puas”. Tingkat kepuasan pengguna
toilet umum yang dikelola oleh Pemilik Warung di Pantai Parangtritis sebanyak
38 orang (60,32%) menyatakan “Puas”.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan bermakna tingkat kepuasan
pengguna toilet umum antara yang dikelola Paguyuban Anugerah Tirto dengan
Pemilik Warung di Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul (p = 0,017 ≤ 0,05).
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna Toilet, Kondisi Sanitasi Toilet Umum, Tempat
Wisata.