PENGARUH PENERAPAN UKURAN HURUF ERGONOMIS PADA PAPAN TULIS TERHADAP KELELAHAN VISUAL DAN KELELAHAN INTELEKTUAL SISWA SEKOLAH DASAR X DI SLEMAN TAHUN 2013

PENGARUH PENERAPAN UKURAN HURUF ERGONOMIS PADA PAPAN TULIS TERHADAP KELELAHAN VISUAL DAN KELELAHAN INTELEKTUAL SISWA SEKOLAH DASAR X DI SLEMAN TAHUN 2013
2013-12-30
en
Thesis
text
Angka kesakitan akibat gangguan penglihatan pada anak sangat tinggi (Wati, 2008). Sarana prasarana yang tidak ergonomis dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya kelelahan visual, kelelahan intelektual, keluhan pegal didaerah mata, kerusakan alat penglihatan dan meningkatnya kecelakaan kerja (Nurmawati. 2012). Besar kecilnya ukuran huruf disesuaikan dengan jarak pembaca yang kita inginkan. Ukuran huruf ergonomis harus sesuai rumus: Tinggi huruf sama dengan jarak baca (dalam ukuran milimeter) dibagi 200. Berdasarkan hasil survey pendahuluan di sekolah dasar X di Sleman terdapat 7,2% siswa telah menggunakan kaca mata. Ukuran huruf yang digunakan dalam proses belajar mengajar tidak ergonomis karena ukuran huruf terkecil < 3,75 sedangkan jarak pembaca 7,5m. Hasil wawancara yang dilakukan pada siswa (dengan kesehatan mata normal) yang dilakukan setelah pelajaran usai terdapat 7 dari 10 siswa mengeluh merasa lelah pada mata, sering mengantuk, kesulitan dalam membaca tulisan di papan tulis, malas untuk menulis padahal pada setiap ruang kelas telah dilengkapi dengan pencahayaan yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ukuran huruf yang ergonomis pada papan tulis terhadap kelelahan visual dan kelelahan intelektual siswa SD X di Sleman Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experiment dengan pendekatan Pre Test Post Test With Control Group Design. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian, siswa yang membaca menggunakan ukuran huruf ergonomis memiliki tingkat kelelahan visual lebih rendah 533,84 (13,346%) daripada siswa yang membaca menggunakan ukuran huruf yang biasa digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar 1331,27 (33,27%). Siswa yang membaca menggunakan ukuran huruf ergonomis memiliki tingkat kelelahan Intelektual lebih rendah 560,56 (14,01%) daripada siswa yang membaca menggunakan ukuran huruf yang biasa digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar 1036,37 (25,91%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan ukuran huruf ergonomis terhadap kelelahan visual siswa Sekolah Dasar X di Sleman dengan nilai p-value 0,0000,05. Terdapat pengaruh penerapan ukuruan huruf ergonomis terhadap kelelahan intelektual siswa Sekolah Dasar X di Sleman dengan nilai p-value 0,0000,05. Kata Kunci : ukuran huruf ergonomis, kelelahan visual, kelelahan intelektual.