FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM MEMBELI PRODUK JAMBAN PADA WIRAUSAHA SANITASI
DI DESA KRAKAL KECAMATAN ALIAN
KABUPATEN KEBUMEN
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DALAM MEMBELI PRODUK JAMBAN PADA WIRAUSAHA SANITASI
DI DESA KRAKAL KECAMATAN ALIAN
KABUPATEN KEBUMEN
2014-03
en
Thesis
text
Dari jumlah penduduk Desa Krakal 6.386 jiwa (1.867 KK), 2.029 jiwa (691 KK) atau sebesar 37%, diantaranya masih belum mempunyai jamban. Keberadaan wirausaha sanitasi telah berhasil meningkatkan jumlah kepemilikan jamban keluarga. Terbukti jamban yang dibangun sebanyak 51 buah. Sedangkan jamban yang dibangun oleh pihak lain pada periode waktu yang sama hanya 25 buah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang tinja dan jamban, pengetahuan tentang wirausahawan sanitasi, sikap, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan terhadap pembelian produk jamban pada wirausaha sanitasi.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain studi cross sectional (potong lintang). Penelitian dilakukan pada tanggal 19 sampai 25 Pebruari 2014. Lokasi penelitian di Desa Krakal Kecamatan Alian Kabupaten Kebumen. Sampel (responden) dari penelitian ini adalah 51 kepala keluarga yang membeli produk jamban pada wirausaha sanitasi dan 51 kepala keluarga yang tidak membeli. Penelitian dilaksanakan dengan cara pengisian kuesener yang dilakukan responden. Analisis data dilakukan dengan analisis Univariat, Analisis Bivariat (Chi Square), dan Multivariat (Regresi Logistik).
Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pengetahuan tentang tinja dan jamban mempunyai p value =0,022 < 0,05, pengetahuan tentang wirausahawan sanitasi mempunyai p value =0,000 < 0,05, sikap mempunyai p value =0,000 < 0,05 , tingkat pendidikan mempunyai p value =0,000 < 0,05, dan tingkat pendapatan mempunyai p value =0,000 < 0,05. Sedangkan hasil uji statistik Regresi Logistik OR dari pengetahuan tentang wirausahawan sanitasi = 55,887; tingkat pendidikan = 0,369 dan tingkat pendapatan = 0,107. Hal tersebut menyimpulkan bahwa pengetahuan tentang tinja dan jamban, pengetahuan tentang wirausahawan sanitasi, sikap, tingkat pendidikan, dan tingkat pendapatan berpengaruh terhadap pembelian produk jamban pada wirausaha sanitasi, sedangkan faktor yang paling berpengaruh adalah pengetahuan tentang wirausahawan sanitasi.
Oleh karena itu Wirausahawan sanitasi sebaiknya menambah cara mempromosikan usahanya. Sedangkan petugas Puskesmas Alian melakukan penyuluhan tentang kesehatan tentang tinja dan jamban setiap bulan sekali, serta memperkenalkan Wirausaha Sanitasi pada masyarakat.
Kata kunci : Membeli, Produk Jamban, Wirausaha Sanitasi