KAJIAN PELAKSANAAN PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGIAN INSTALASI SANITASI DI RS PANTI RAPIH YOGYAKARTA

KAJIAN PELAKSANAAN PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA BAGIAN INSTALASI SANITASI DI RS PANTI RAPIH YOGYAKARTA
2014-02-03
en
Thesis
text
Isu keselamatan dan kesehatan kerja pada saat ini bukan sekedar kewajiban yang harus diperhatikan oleh pekerja tetapi juga harus dipenuhi oleh sebuah sistem pekerjaan. Rumah sakit mempunyai risiko penularan penyakit dan risiko bahaya yang mempengaruhi situasi dan kondisi di rumah sakit seperti kecelakaan kerja dan sumber bahaya lainnya dalam faktor lingkungan kerja. Program K3 di Rumah Sakit bertujuan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan serta meningkatkan produktivitas pekerja, melindungi keselamatan pasien, pengunjung dan masyarakat sekitar lingkungan rumah sakit. Salah satu bagian yang berisiko adalah Instalasi Sanitasi, meskipun tidak bertemu langsung dengan pasien, pekerja memiliki risiko pada sarana dan prasarana kelengkapan rumah sakit. Untuk mengetahui hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program kesehatan dan keselamatan kerja di bagian instalasi sanitasi RS Panti Rapih Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey secara deskriptif, dengan maksud untuk mengetahui dan mengkaji pelaksanaan program kesehatan dan keselamatan kerja di Instalasi Sanitasi RS Panti Rapih. Objek dalam penelitian ini adalah peralatan dan catatan yang ada di Instalasi Sanitasi RS Panti Rapih. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh sebesar 100% pada tiap unit sanitasi untuk program pengembangan kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja, pengembangan sumber daya manusia, pengembangan pedoman dan SOP, pelayanan keselamatan kerja, pengelolaan jasa bahan beracun dan barang berbahaya, pengembangan manajemen tanggap darurat, pengumpulan pengolahan dokumentasi dan pelaporan kegiatan K3, dan review program tahunan. Pada program pembudayaan perilaku K3RS unit laundry dan pekarya sudah melaksanakan 100%, sedangkam pada unit cleaning service dan IPAL sebesar 66,7%. Pada program pemantauan dan evaluasi kesehatan lingkungan kerja tiap unit Instalasi Sanitasi melaksanakan sebesar 50%. Pada program pelayanan kesehatan kerja pada unit IPAL dan Pekarya melaksanakan 100%, sedangkan unit cleaning service dan laundry sebesar 50%. Kata Kunci : Program K3RS, Instalasi Sanitasi