PENGARUH PEMBERIAN BUKU POP POP ZAGOTIK TERHADAP PENINGKAT PENGETAHUAN TENTANG GAKY PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI PAKIS 1 KABUPATEN MAGELANG

PENGARUH PEMBERIAN BUKU POP POP ZAGOTIK TERHADAP PENINGKAT PENGETAHUAN TENTANG GAKY PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI PAKIS 1 KABUPATEN MAGELANG
2018-07-20
en
Thesis
text
Latar Belakang :Promosi kesehatan dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi masalah gizi yang ada di masyarakat pada suatu daerah, salah satunya adalah GAKY. Pakis merupakan kecamatan yang mempunyai prevalensi GAKY tertinggi yaitu 32% pada survei GAKY 2004.Kabupaten Magelang telah melakukan promosi kesehatan guna menanggulangi masalah GAKY, salah satunya penyuluhan yang dilakukan menggunakan media buku pintar GAKY.Buku pintar GAKY kurang begitu sesuai dengan anak sekolah dasar, maka diperlukan alternatif media yang lebih menarik yaitu buku pop-up yang diberi nama “POP POP ZAGOTIK”. Tujuan Penelitian :Mengetahui pengaruh pemberian buku POP POP ZAGOTIK terhadap peningkat pengetahuan tentang GAKY pada anak sekolah dasar di SD Negeri Pakis 1 Kabupaten Magelang. Metode Penelitian :Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan (Pretest-Posttest with Control Group Design). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2018. Sampel pada penelitian ini adalah siswa SD kelas 3, 4 dan 5 di SD Negeri Pakis 1 dan SD Negeri Krasak sejumlah 59 siswa. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank dan Mann Whitney. Hasil Penelitian : Rata-rata skor pengetahuan anak mengenai GAKY sebelum dan sesudah pemberian buku POP POP ZAGOTIK (kelompok intervensi) 7,15 dan 12,00. Hasil uji Wilcoxon Signed Ranknilai Z yang didapat sebesar -6.699 dengan p-value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0.0001 dimana kurang dari batas kritis penelitian yaitu 0.050. Kesimpulan :Ada pengaruh pemberian buku POP POP ZAGOTIK terhadap peningkat pengetahuan tentang GAKY pada anak sekolah dasar di SD Negeri Pakis 1 Kabupaten Magelang. Kata Kunci : media pop-up, pengetahuan, zat goitrogenik, GAKY