STUDI LITERATUR PENGGUNAAN JENIS METODE PENYULUHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) TERHADAP PERILAKU ANAK USIA PRA SEKOLAH
STUDI LITERATUR PENGGUNAAN JENIS METODE PENYULUHAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN (CTPS) TERHADAP PERILAKU ANAK USIA PRA SEKOLAH
2020-06-12
id
Thesis
text
Pelaksanaan cuci tangan pakai sabun atau CTPS di Indonesia masih belum berjalan dengan baik. Cakupan pendataan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) mengenai cuci tangan masih dibawah target pendataan dengan presentase penemuan kasus diare 87,56% di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang paling tepat diterapkan untuk merubah dan meningkatkan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada anak usia pra sekolah Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah studi literatur yang mengkaji berbagai referensi yang berkaitan dengan penyuluhan/pendidikan kesehatan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dalam meningkatkan perilaku anak usia pra sekolah. Pencarian artikel melalui google schoolar. Hasil analisis yang dilakukan terhadap 10 artikel sesuai dengan kriteria inklusi menyatakan bahwa penggunaan metode audiovisual berupa video adalah metode paling efektif dalam meningkatkan perilaku anak usia pra sekolah hingga 91,3% karena selain sangat menarik bagi anak-anak, pemikiran anak usia pra sekolah didasari oleh apa yang mereka lihat dan dengar Hasil review literature memberikan gambaran kepada peneliti bahwa diantara banyak metode yang digunakan dalam penyuluhan/pendidikan kesehatan, metode yang memiliki pengaruh paling besar adalah metode audiovisual berupa video.
Kata Kunci: cuci tangan pakai sabun, metode penyuluhan/pendidikan kesehatan, perilaku, pengetahuan dan anak usia pra sekolah.