HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PASIEN DALAM MENDAPATKAN PERAWATAN SALURAN AKAR
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PASIEN DALAM MENDAPATKAN PERAWATAN SALURAN AKAR
2020-12-18
en
Thesis
text
HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN PASIEN DALAM MENDAPATKAN PERAWATAN SALURAN AKAR
Eka Sulistyawati1, Suharyono2, Almujadi3
1)Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
2,3)Prodi Sarjana Terapan Terapi Gigi
Email: sulistyaek88@gmail.com
ABSTRAK
Latar Belakang : Perawatan gigi bagi sebagian orang dianggap tidak perlu dan tidak terlalu penting karena jauh dari resiko kehilangan nyawa dan membuang waktu. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (2018) persentase masalah kesehatan gigi dan mulut 57,6 %. Salah satu perawatan gigi yang sering dilakukan oleh dokter gigi adalah perawatan saluran akar yang membutuhkan kepatuhan dalam setiap kunjungannya. Persepsi seseorang tentang perawatan saluran akar dapat membantu membentuk kepatuhan dalam menjalani perawatan.Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi pasien terhadap tingkat kepatuhan pasien dalam mendapatkan perawatan saluran akar.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah survey analitik observasional dengan pengambilan data secara cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampel. Sampel penelitian ini berjumlah 68 responden. Penelitian ini dilakukan selama bulan November-Desember 2020 dengan cara membagikan kuisioner berbentuk check list kepada responden. Hasil penelitian ini diuji dengan uji Korelasi Spearman Rank.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 57 sampel (83,8%) memiliki persepsi yang baik tentang perawatan saluran akar dan sebanyak 46 sampel (67,6%) dengan tingkat kepatuhan yang tinggi dalam mendapatkan perawatan saluran akar. Kesimpulan : Ada hubungan signifikan antara persepsi pasien terhadap tingkat kepatuhan dalam mendapatkan perawatan saluran akar dengan diperoleh nilai signifikansi 0,000 (p<0,05) dengan jumlah sampel 68 responden.
Kata kunci : persepsi pasien, tingkat kepatuhan pasien, perawatan saluran akar