HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI SISWA SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU MENGGOSOK GIGI SISWA SELAMA BELAJAR DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
2020-12-28
en
Thesis
text
Latar Belakang: Menjaga kesehatan gigi dan mulut selama pandemi Covid-19 sangat penting untuk dilakukan karena kesehatan gigi dan mulut sangat diperlukan untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara mengatur pola makan yang sehat untuk gigi dan menggosok gigi dengan baik dan benar. Motivasi menjadi peranan penting dalam faktor pendorong seseorang untuk berperilaku dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hasil wawancara dilakukan kepada 10 siswa dan diperoleh data 100% menyatakan pernah mengalami sakit gigi dan 90% tidak menyikat gigi sebelum tidur, mereka juga mengatakan jika orang tua jarang mengingatkan untuk menyikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur. Tujuan: Diketahuinya hubungan motivasi dengan perilaku menggosok gigi siswa selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Metode: Jenis penelitian ini yaitu survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Negeri 1 Palembang. Jenis sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian berjumlah 80 orang. Analisis data dilakukan melalui uji Kendall’s Tau-b. Hasil Penelitian: Hasil Penelitian diketahui bahwa sebanyak 54 responden (67,5%) memiliki kriteria motivasi tinggi. Perilaku menggosok gigi responden paling banyak memiliki kriteria baik yaitu sebanyak 56 responden (70,0%). Responden yang memiliki motivasi tinggi dengan kriteria perilaku menggosok gigi baik sejumlah 45 responden (83,3%). Hasil uji analisis statistik Kendall’s Tau-b didapatkan nilai sig.(p)=0,000 dengan nilai alpha (α) = 5% yang artinya terdapat hubungan antara motivasi dengan perilaku menggosok gigi siswa selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Kesimpulan: Motivasi siswa memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku menggosok gigi siswa selama belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Kata kunci: Motivasi Siswa, Perilaku Menggosok Gigi.