PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN TENTANG
MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN FLASHCARD
DAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN
PADA ANAK UMUR 6 SAMPAI 12 TAHUN
PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN TENTANG
MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN FLASHCARD
DAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN
PADA ANAK UMUR 6 SAMPAI 12 TAHUN
2021-01-08
id
Thesis
text
Penelitian Perbedaan efektifitas penyuluhan tentang menyikat gigi
menggunakan flaschard dan flipchart terhadap pengetahuan pada anak umur 6
sampai 12 tahun. Tujuan umum penelitian untuk mengetahui apakah ada
perbedaan efektifitas penyuluhan tentang menyikat gigi menggunakan flaschard
dan flipchart terhadap pengetahuan pada anak umur 6 sampai 12 tahun.
Pengetahuan kesehatan gigi menjadi bekal praktek dalam kehidupan sehari – hari
untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Penyuluhan
yang efektif dapat dilihat dari peningkatan tingkat pengetahuan sebelum dan
sesudah mengikuti penyuluhan. Media penyuluhan mendukung penyuluhan,
membantu menjelaskan materi sehingga lebih mudah diterima anak. Flaschard
adalah media penyuluhan berupa potongan kertas tebal yang berisi materi
penyuluhan menyikat gigi. Flipchart adalah media terdiri dari beberapa lembar
kertas yang berisi tulisan, gambar, yang berfungsi memperjelas materi yang
disampaikan. Tujuan menggunakan media dalam penyuluhan yaitu untuk
memperjelas materi dan menarik perhatian peserta penyuluhan supaya fokus.
Pengetahuan kesehatan didapat dari beberapa sumber baik langsung ataupun tidak
langsung. Pengetahuan seseorang dipengaruhi beberapa faktor baik internal
maupun eksternal. Pengetahuan kesehatan menjadi dasar perubahan perilaku
menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencapai derajat kesehatan gigi dan
mulut yang optimal.