PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN TENTANG MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN FLASHCARD DAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN PADA ANAK UMUR 6 SAMPAI 12 TAHUN

PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENYULUHAN TENTANG MENYIKAT GIGI MENGGUNAKAN FLASHCARD DAN FLIPCHART TERHADAP PENGETAHUAN PADA ANAK UMUR 6 SAMPAI 12 TAHUN
2021-01-08
id
Thesis
text
Penelitian Perbedaan efektifitas penyuluhan tentang menyikat gigi menggunakan flaschard dan flipchart terhadap pengetahuan pada anak umur 6 sampai 12 tahun. Tujuan umum penelitian untuk mengetahui apakah ada perbedaan efektifitas penyuluhan tentang menyikat gigi menggunakan flaschard dan flipchart terhadap pengetahuan pada anak umur 6 sampai 12 tahun. Pengetahuan kesehatan gigi menjadi bekal praktek dalam kehidupan sehari – hari untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Penyuluhan yang efektif dapat dilihat dari peningkatan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah mengikuti penyuluhan. Media penyuluhan mendukung penyuluhan, membantu menjelaskan materi sehingga lebih mudah diterima anak. Flaschard adalah media penyuluhan berupa potongan kertas tebal yang berisi materi penyuluhan menyikat gigi. Flipchart adalah media terdiri dari beberapa lembar kertas yang berisi tulisan, gambar, yang berfungsi memperjelas materi yang disampaikan. Tujuan menggunakan media dalam penyuluhan yaitu untuk memperjelas materi dan menarik perhatian peserta penyuluhan supaya fokus. Pengetahuan kesehatan didapat dari beberapa sumber baik langsung ataupun tidak langsung. Pengetahuan seseorang dipengaruhi beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Pengetahuan kesehatan menjadi dasar perubahan perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencapai derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal.