EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PETAK PGS DIBANDINGKAN POSTER PADA PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PETAK PGS DIBANDINGKAN POSTER PADA PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR
2018-07-23
en
Thesis
text
Latar Belakang : Anak sekolah saat ini menghadapi masalah gizi ganda, yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Secara nasional, anak sekolah dengan prevalensi kurus ada 11,2%, prevalensi pendek ada 30,7%, dan prevalensi gemuk sebesar 18,8%. Sehingga makanan sehari-hari perlu mengacu pada pedoman gizi seimbang. Tujuan : Mengetahui efektifitas penggunaan media papan petak PGS (Pedoman Gizi Seimbang) dibandingkan media poster terhadap pengetahuan gizi seimbang siswa SD. Metode : Penelitian experimental dengan desain penelitian pre test dan post test pada kelompok kontrol dan perlakuan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji paired sample test dan independent samples T-test. Hasil : Ada peningkatan pengetahuan gizi seimbang signifikan sebesar 25,4 pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan papan petak PGS. Pada pre test ada 6 siswa (23,1%) kategori baik meningkat menjadi 21 siswa (80,8%) pada post test. Ada peningkatan pengetahuan gizi seimbang signifikan sebesar 18,5 pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan poster. Pada pre test ada 3 siswa (11,6%) memiliki tingkat pengetahuan baik meningkat menjadi 14 siswa (53,9%) pada post test. Ada kenaikan signifikan media papan petak PGS dan media poster terhadap pengetahuan gizi seimbang pada siswa SD sebesar 6,9. Kesimpulan : Media papan petak PGS lebih efektiv meningkatkan pengetahuan gizi seimbang pada siswa SD dari pada poster. Kata Kunci: Papan Petak PGS, Poster, Pengetahuan, PGS