EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO STOP MOTION DAN MEDIA LEAFLET DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SARAPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO STOP MOTION DAN MEDIA LEAFLET DALAM PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SARAPAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
2018-07-23
en
Thesis
text
Latar Belakang : Usia sekolah adalah suatu usia yang sangat berbeda dengan usia dewasa yang mana dalam masa ini didapatkan banyak permasalahan kesehatan. Salah satu permasalahan kesehatan yang terjadi yaitu sering kali anak mengabaikan sarapan dengan alasan karena diburu waktu. Faktor yang paling dominan mempengaruhi kebiasaan sarapan anak adalah pengetahuan gizi. Untuk meningkatkan pengetahuan gizi anak salah satunya dengan pendidikan gizi di sekolah melalui penyuluhan gizi dengan media. Media penyuluhan gizi yang digunakan pada penelitian ini adalah video stop motion dan leaflet.
Tujuan Penelitian : Mengetahui efektivitas media video stop motion dan media leaflet dalam penyuluhan gizi terhadap peningkatan pengetahuan sarapan pada siswa sekolah dasar.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pre test and post test with control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jaranan dan SDN 1 Salakan dengan jumlah 24 siswa pada setiap kelompok. Analisis data menggunakan t-test.
Hasil Penelitian : Rata-rata peningkatan pengetahuan tentang sarapan pada kelompok video stop motion 3,00 sedangkan pada kelompok leaflet 1,54. Ada perbedaan efektivitas media video stop motion dan media leaflet dalam penyuluhan gizi terhadap peningkatan pengetahuan sarapan pada siswa sekolah dasar (p = 0,03).
Kesimpulan : Media video stop motion lebih efektif di dalam meningkatkan pengetahuan tentang sarapan pada siswa sekolah dasar daripada media leaflet.
Kata Kunci : video stop motion, leaflet, dan pengetahuan sarapan