PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN ANTICIPATORY GUIDANCE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI DALAM PENCEGAHAN GIZI KURANG PADA BADUTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANTRIJERON YOGYAKARTA
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN ANTICIPATORY GUIDANCE TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU MENYUSUI DALAM PENCEGAHAN GIZI KURANG PADA BADUTA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MANTRIJERON YOGYAKARTA
2021-04-16
en
Thesis
text
Latar Belakang: Anticipatory guidance merupakan pedoman bagi orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak yang sesuai dengan masa pertumbuhan dan perkembangannya. Pengetahuan ibu merupakan salah satu faktor tidak langsung yang mempengaruhi kejadian gizi kurang pada anak. Masalah gizi kurang yang tidak langsung ditangani dapat berkembang menjadi gizi buruk.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan Anticipatory Guidance terhadap tingkat pengetahuan ibu menyusui dalam pencegahan gizi kurang pada baduta di wilayah kerja Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta.
Metode : Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain yang digunakan adalah pretest-postest control group design yang dilaksanakan pada bulan April 2021. Populasi adalah ibu menyusui yang berdomisili di wilayah kerja Pusekesmas Mantrijeron Yogyakarta dan mempunyai anak berusia 0 – 24 bulan. Besar sampel sebanyak 64 ibu menyusui. Teknik pengambilan sampel purposive sampling.
Hasil : Uji t berpasangan pada kelompok eksperimen diperoleh nilai p- value = 0,000 dan uji t berpasangan pada kelompok kontrol diperoleh nilai p- value = 0,000. Hasil uji t independent pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebelum intervensi menunjukkan p-value sebesar 0,302 sedangkan hasil uji t independent pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sesudah intervensi menunjukkan p-value sebesar 0,022.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan Anticipatory Guidance terhadap tingkat pengetahuan ibu menyusui dalam pencegahan gizi kurang pada baduta di wilayah kerja Puskesmas Mantrijeron Yogyakarta.
Kata kunci : Anticipatory Guidance , Pengetahuan, Gizi Kurang