PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI USIA 15-18 TAHUN
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI USIA 15-18 TAHUN
2018-07-26
en
Thesis
text
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI USIA 15-18 TAHUN
1)SiahaanYunitaSaulina, 2)Th. Ninuk Sri Hartini, 3)IriantonAritonang
Departemen of Nutrition PoltekkesKemenkes Yogyakarta
Jl. Tata Bumi No.3 Banyuraden, Gamping, Sleman
Email :Yusasi96@gmail.com
LatarBelakang : Anemia merupakanmasalahkesehatanmasyarakatterbesar di duniaterutamabagikelompokwanitausiareproduksi. Salah satukelompok yang rentanterhadap anemia adalahSiswi SMA.Prevalensi anemia gizibesi yang terjadi di Provinsi DIY meningkatsebanyak 36% padaremajaputri (Dinkes DIY, 2014).Salah satubentukpendidikankesehatandalammeningkatkanpengetahuanremajaterhadap anemia denganmelakukanpenyuluhan.
Tujuanpenelitian: mengetahuipengetahuanremajaputrisebelumdansesudahdiberikanpenyuluhanmenggunakan media video mengenai anemia.
RancanganPenelitian: Jenispenelitian yang digunakanadalahKuantitatifdenganmetode quasi eksperimentl. Rancanganpenelitianpre test and post test with control group design. Sampelpenelitianberjumlah 35 siswi SMAN 1 Seyegan, Slemandan 35 Siswi SMAN 1 Mlati, Sleman.Teknikpengambilansampelsecarapropotional random sampling.Instrumenpenelitianmenggunakankuesionerdan media video.
HasilPenelitian: Analisis data menggunakan paired sample test dan independent sample tes. Hasilpenelitiandenganuji independent T-Test post testpengetahuandenganmenggunakan video denganceramah p (0,010 ˂ 0,050 = Signifikan)sehinggaadaperbedaanpengetahuandarikeduakelompoksetelahdiberikanintervensidengan media yang berbeda. Hasiluji paired sampel Test p (0,000 ˂ 0,050 = Signifikan),halinimenunjukanadanyaperbedaanpengetahuan pretest dan posttest setelah di beriintervensi.
Kesimpulan :adaperbedaanantara media video danceramahterhadappeningkatanpengetahuanremajaputriusia 15-18 tahun.
Kata kunci :pengetahuan, anemia, video