PENGARUH KELAS IBU BALITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS SLEMAN
PENGARUH KELAS IBU BALITA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSLUSIF DI WILAYAH PUSKESMAS SLEMAN
2021-06-02
en
Thesis
text
Latar Belakang: Cakupan ASI ekslusif di Puskesmas Sleman pada tahun 2019 sebesar 52.70%. Pemerintah melakukan upaya peningkatan kesehatan anak melalui berbagai program, salah satunya melalui penyelenggaraan kelas ibu balita.
Tujuan: Mengetahui pengaruh kelas ibu balita terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang ASI ekslusif pada ibu bayi usia 0-1 tahun di wilayah Puskesmas Sleman
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test with control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki bayi umur 0-1 tahun di wilayah kerja Puskesmas Sleman. Sampel berjumlah 60 ibu. Analisis data menggunakan paired t-test. Variabel Independen penelitian ini adalah kelas ibu balita. Variabel dependent penelitian ini adalah pengetahuan dan sikap tentang ASI ekslusif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner.
Hasil: Selisih perbedaan rata-rata pengetahuan responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 9,05 (p-value=0,024) dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata peningkatan pengetahuan yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu. Selisih perbedaan rata-rata sikap responden berdasarkan kelompok yang mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu adalah 0,53 (p-value=0,462) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata peningkatan sikap yang bermakna antara kelompok mendapat kelas ibu dan tanpa kelas ibu.
Kesimpulan: Intervensi kelas ibu berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang ASI eksklusif, tetapi tidak berpengaruh terhadap peningkatan sikap tentang ASI eksklusif.
Kata Kunci: kelas ibu, ASI eksklusif, pengetahuan, sikap.