PENGGUNAAN MEDIA KARTU MONOPOLI GIZI SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MANFAAT BUAH DAN SAYUR PADA ANAK SEKOLAH DASAR

PENGGUNAAN MEDIA KARTU MONOPOLI GIZI SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN MANFAAT BUAH DAN SAYUR PADA ANAK SEKOLAH DASAR
2021-05-05
en
Thesis
text
Background: One of the nutrition problems in Indonesia is the problem of malnutrition. Nutrition problems are more caused by the habit of consuming fastfood in children resulting in a deficiency of fruit and vegetables. One of the efforts to increase children’s knowledge about the benefits of fruit and vegetables is through by media. The media in this study used a nutritional monopoly card media. Research Objectives: To acknowledge difference in knowledge of fruit and vegetable benefits in elementary school children between the use of Nutrition Monopoly Card media and leaflet media as a nutrition promotion media. Research Method: This research is a quasy experiment with a pre-test post-test design with control group design. The research was held in March 2021. The research sample amounted to 60 4th grade elementary school students with 30 4th grade students of SD N Jatisawit and 30 students of grade IV SD N Balecatur 1. Independent sample t-test is used for data analysist. Results : The average knowledge score of elementary school students before intervention was 14.23 in the treatment group and 15.40 in the control group. Meanwhile the average knowledge score of elementary school students after intervention was 16.87 in the treatment group and 16.07 in the control group. The results showed a difference in the value of knowledge about the benefits of fruits and vegetables in the treatment group and control group (p=0.047) Conclusion: Nutrition monopoly card media in the treatment group more effectively increase the knowledge of fruit and vegetable benefits when compared to media leaflets. Keywords : Elementary school students, knowledge of fruit and vegetable benefits, nutrition monopoly card media, media leaflets. Latar Belakang : Salah satu masalah gizi di Indonesia yaitu masalah gizi lebih. Masalah gizi lebih disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji pada anak sehingga mengakibatkan kurangnya mengonsumsi buah dan sayur. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang manfaat buah dan sayur yaitu dengan melalui media. Media dalam penelitian ini menggunakan media kartu monopoli gizi. Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan pengetahuan manfaat buah dan sayur pada anak SD antara penggunaan media Kartu Monopoli Gizi dan media leaflet sebagai media promosi gizi. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test post-test with control group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa kelas IV sekolah dasar dengan 30 siswa kelas IV SD N Jatisawit dan 30 siswa kelas IV SD N Balecatur 1. Analisis data yang digunakan menggunakan independent sample t-test. Hasil Penelitian : Rata-rata skor pengetahuan siswa sekolah dasar sebelum diberikan intervensi adalah 14.23 pada kelompok perlakuan dan 15.40 pada kelompok kontrol. Sedangkan rata-rata skor pengetahuan siswa sekolah dasar sesudah diberikan intervensi adalah 16.87 pada kelompok perlakuan dan 16.07 pada kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai pengetahuan tentang manfaat buah dan sayur pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (p=0.047) Kesimpulan : Media kartu monopoli gizi pada kelompok perlakuan lebih efektif meningkatkan pengetahuan manfaat buah dan sayur bila dibandingkan dengan media leaflet. Kata Kunci : Siswa sekolah dasar, pengetahuan manfaat buah dan sayur, media kartu monopoli gizi, media leaflet.