PENGARUH PEMBELAJARAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU GIZI BRAILLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR PENYANDANG TUNANETRA

PENGARUH PEMBELAJARAN GIZI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU GIZI BRAILLE TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR PENYANDANG TUNANETRA
2021-05-10
id
Thesis
text
Latar Belakang: Permasalahan gizi pada anak tunanetra sama seperti anak pada umumnya. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan dan rendahnya penerapan gizi seimbang dalam kehidupan sehari-hari. Maka diperlukan pembelajaran gizi kepada anak tunanetra dengan media yang sesuai karakteristik anak. Tujuan: Mengetahui efektifitas pembelajaran gizi menggunakan buku gizi Braille terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada anak tunanetra di SLB. Metode: Penelitian ini merupakan quasi experiment dengan desain pre test post test without control group design. Intervensi yang diberikan adalah pembelajaran gizi seimbang meliputi tumpeng gizi seimbang, aktivitas fisik, dan hidup sehat dengan media buku gizi Braille. Subyek adalah seluruh siswa berusia 9-13 tahun di SLB YKAB Solo dan SLB A ‘Aisyiyah Ponorogo yang dipilih sesuai kriteria inklusi, dengan jumlah total sebanyak 14 siswa. Pengetahuan diukur melalui pengisian kuesioner sebelum dan setelah intervensi pembelajaran gizi. Data dianalisis normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan diuji dengan paired sample t-test dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil: berdasarkan uji paired sample t-test, didapatkan hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah pembelajaran gizi (p=0,000) dengan tingkat kenaikan skor sebesar 47,7%. Kesimpulan: Pembelajaran gizi dengan media buku gizi Braille dapat meningkatkan pengetahuan gizi seimbang siswa sekolah dasar di SLB Negeri. Kata Kunci: Gizi seimbang, Braille, tunanetra, siswa sekolah dasar.