PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI PUREN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG PADA SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI PUREN DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
2021-05-28
en
Thesis
text
Latar Belakang: Hasil penelitian Riskesdas 2018 menyatakan gambaran konsumsi pangan masyarakat Indonesia yang belum sesuai dengan pesan gizi seimbang. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah mengenai gizi adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Tujuan: Mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-experiment one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V SDN Puren Depok. Sampel berjumlah 55 siswa. Analisis data menggunakan Uji Paired t-test dan Wilcoxon. Hasil: Rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang sebelum pemberian media animasi adalah 5,36 sedangkan rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang setelah pemberian media animasi adalah 7,38. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi terhadap pengetahuan gizi seimbang (p=0,000). Rata-rata skor sikap gizi seimbang sebelum pemberian media animasi adalah 24,85 sedangkan rata-rata skor sikap gizi seimbang setelah pemberian media animasi adalah 25,58. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi terhadap sikap gizi seimbang (p=0,027). Kesimpulan: Ada pengaruh penggunaan media video animasi terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada siswa sekolah dasar. Kata Kunci: media animasi, pengetahuan, sikap, gizi seimbang.