PENERAPAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN PADA PENGUNJUNG FOOD COURT POLKESYO
PENERAPAN E-BOOK SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN PADA PENGUNJUNG FOOD COURT POLKESYO
2021-05-20
en
Thesis
text
Latar Belakang : Perilaku membaca label gizi dapat mendukung pola hidup sehat dengan membantu konsumen untuk menentukan pilihan bahan makanan yang akan dikonsumsi sehingga aman bagi kesehatan. Membiasakan membaca label khususnya informasi nilai gizi yang tertera pada kemasan pangan perlu dilakukan untuk memudahkan konsumen memilih makanan sesuai kebutuhannya. Pemberian label informasi nilai gizi pada produk makanan jajanan yang bukan makanan kemasan sangat jarang ditemukan. Pada umumnya daftar menu makanan jajanan hanya memuat daftar makanan yang dilengkapi dengan harga masing-masing makanan tanpa dilengkapi dengan informasi nilai gizi makanan. Media e-book menu makanan jajanan yang dilengkapi informasi nilai gizi menu diharapkan dapat diterapkan sebagai media pendidikan dalam pemilihan makanan jajanan.
Tujuan : Mengetahui penerapan e-book sebagai media pendidikan dalam pemilihan makanan jajanan pada pengunjung food court Polkesyo.
Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control group design. Penelitian dilakukan pada bulan Februari – Maret 2021 di food court Polkesyo. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 46 responden yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 23 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan analisis data menggunakan uji chi square.
Hasil : Hasil post test menunjukkan rata-rata kelompok perlakuan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelompok kontrol, akan tetapi nilainya tidak terlalu berbeda jauh dan relatif sama. Rata-rata kelompok perlakuan dan kelompok kontrol secara berturut-turut untuk kelompok responden mahasiswa adalah 3,44 dan 3,30, sedangkan untuk kelompok responden pegawai adalah 3,19 dan 3,14. Hasil uji chi square diperoleh nilai p>0,05 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan bermakna antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol.
Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan bermakna antara persepsi pengunjung yang diterapkan media e-book dengan persepsi pengunjung yang diterapkan media daftar menu untuk masing-masing kelompok responden.
Kata Kunci : Penerapan E-book, Media Pendidikan, Pemilihan Makanan Jajanan