PEMBERIAN PESAN GIZI MELALUI MEDIA TAS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI BUAH DAN SAYUR SISWA SEKOLAH DASAR

PEMBERIAN PESAN GIZI MELALUI MEDIA TAS DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP KONSUMSI BUAH DAN SAYUR SISWA SEKOLAH DASAR
2021-05-28
en
Thesis
text
Latar Belakang : Anak usia sekolah merupakan masa yang sangat menentukan terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang baik. Asupan makanan yang bergizi begitu penting untuk menjamin tumbuh kembang anak yang sehat dan aktif. Peran dan dukungan orang tua terdekat mempengaruhi kebiasaan makan anak. Apabila kebiasaan makan baik dengan menerapkan makanan sehat dan bergizi sejak dini, maka kebiasaan tersebut akan berpengaruh hingga tumbuh dewasa nanti. Pendidikan gizi bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah sikap anak dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi khususnya dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Tujuan Penelitian : Mengetahui peningkatan pengetahuan dan sikap setelah di beri medi tas dan media Leaflet tentang pesan gizi konsumsi buah dan sayur. Metode Penelitian : : Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pre test and post test with control group design. Penelitian di laksanakan pada bulan maret. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 51 orang di SD Sindurejan dan SD 1 Kadipiro Hasil Penelitian : hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan secara singnifikat sebelum dan sesudah di berikannya edukasi, sehingga edukasi dengan menggunakan media Tas dan Leaflet berdampak positif terhadap peningkatan pengetahuan tentang pentingnya konsumsi buah dan sayur pada siswa (p= <0,05). Dan terdapat peningkatan sikap setelah di lakukannya edukasi menggunakan media Tas dan media Leaflet terhadap peningkatan sikap dalam mengkonsumsi buah dan sayur (p= <0,05). Kesimpulan : hasi penelitian menunjukan bahwa media tas dan media leaflet berpengaruh dalam meningkatan pengetahuan dan sikap konsumsi buah dan sayur Kata Kunci : siswa sekolah dasar, pengetahuan dan sikap konsumsi buah dan sayur, media tas, media leaflet GIVING NUTRITION MESSAGE THROUGH MEDIA BAGS IN INCREASING KNOWLEDGE AND ATTITUDES OF FRUIT AND VEGETABLE CONSUMPTION OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS Resti Kholifah1, Isti Suryani2, M.Dawam Jamil3 Departemen of Nutrition, Health Polytechnic of Health Ministry, Yogyakarta Jalan TataBumuNo.3 Banyuraden, Gamping, Sleman Email : restikholifah87@gmail.com ABSTRACT Background: School-age children are a very decisive time for good growth and development. Nutritious food intake is so important to ensure healthy and active child development. The role and support of nearby parents affects a child's eating habits. If the eating habits are good by applying healthy and nutritious food early on, then the habit will have an effect until growing up later. Nutrition education aims to increase knowledge and change children's attitude in consuming nutritious foods, especially in consuming fruits and vegetables. Research Objectives: Knowing the increase in knowledge and attitude after the medi bag and media Leaflet about the nutritional message of fruit and vegetable consumption. Research Method: This research is pseudo experiment research with pre test research design and post test with control group design. The research was conducted in March. The research sample was 51 grade IV students at SD Sindurejan and SD 1 Kadipiro Research Results: the results of the study showed that there are differences singnifikat before and after the education, so that education using the media Bag and Leaflet has a positive impact on increasing knowledge about the importance of fruit and vegetable consumption in students (p= <0.05). And there is an increase in attitude after the education using media Bags and Media Leaflet against the increase in attitude in consuming fruit and vegetables (p= <0.05). Conclusion: hasi research shows that media bags and media leaflets have an effect in increasing knowledge and attitude of fruit and vegetable consumption Keywords: elementary school students, knowledge and attitude of fruit and vegetable consumption, media bags, media leaflets