FAKTOR FAKTOR MUTU PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KEBIDANAN DI BANGSAL HALIMAH
RSIY PDHI TAHUN 2021
FAKTOR FAKTOR MUTU PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KEBIDANAN DI BANGSAL HALIMAH
RSIY PDHI TAHUN 2021
2021-06-23
en
Thesis
text
Latar Belakang: Mutu pelayanan kesehatan saling mempengaruhi kepuasan pelanggan. Kepuasan pasien sebagai merupakan indikator dalam menilai mutu pelayanan di rumah sakit. Kepuasan yang tinggi akan menunjukkan keberhasilan rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh faktor faktor mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kebidanan di bangsal Halimah RSIY PDHI tahun 2021.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021. Populasi penelitian ini sebanyak 635 orang dengan jumlah sampel 89 orang. Uji statistik menggunakan Gamma.
Hasil: Hasil analisis menunjukkan ada pengaruh reliability (p=0,015), responsiveness (p=0,032), assurance (p=0,039), emphaty (0,041) dengan tingkat kepuasan pasien. Tidak ada pengaruh faktor tangible terhadap tingkat kepuasan pasien (p=0,085). Tingkat kepuasan pasien rawat inap kebidanan di bangsal Halimah RSIY PDHI tahun 2021 sebagian besar puas (93,3%).
Kesimpulan: Faktor mutu pelayanan berpengaruhi terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kebidanan di bangsal Halimah RSIY PDHI tahun 2021
Kata Kunci: mutu pelayanan, tingkat kepuasan