PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-BOOK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (SD)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA E-BOOK CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) BAGI SISWA SEKOLAH DASAR (SD)
2021-05-27
en
Thesis
text
Latar Belakang : Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue Dengue yang ditularkan dari nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus nyamuk yang paling cepat berkembang di dunia. Angka DBD di Provinsi Jawa Tengah meningkat dari tahun 2018 ke 2019 dengan angka kesakitan dari 10,2 per 100.000 penduduk menjadi 25,9 per 100.000 penduduk. Angka kematian akibat DBD juga meningkat di Provinsi Jawa Tengah dari 1,1 % meningkat menjadi 1,5%. Pengendalian penyakit DBD dapat dilakukan dengan cara PSN 3 M Plus. Ada banyak cara untuk menyampaikan pesan PSN 3 M Plus kepada masyarakat, diantaranya melalui e-book cerita bergambar.
Tujuan penelitian : Diketahuinya pengaruh penyuluhan menggunakan e-book cerita bergambar terhadap pengetahuan tentang PSN 3M Plus pada siswa SD.
Metode Penelitian : Penelitian ini adalah quasy experimental dengan menggunakan desain non-equivalent control grup. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2021. Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas IV SD Marsudirini St Yoseph Muntilan. Data dianalisis untuk uji beda selisih sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan uji Wilcoxon karena data tidak terdistribusi dengan normal. Uji beda rata-rata selisih antar kelompok menggunakan uji Mann Whitney karena data tidak terdistribusi dengan normal.
Hasil Penelitian : Hasil uji beda pre dan post pengetahuan dengan media e-book cerita bergambar dan ceramah p < 0,05. Media informasi efektif digunakan untuk peningkatan pengetahuan siswa dengan rata-rata antar kelompok perlakuan terjadi pada tingkat pengetahuan dengan p = 0,040 dengan media yang paling efektif e-book cerita bergambar
Kesimpulan : Ada pengaruh pemberian e-book cerita bergambar dan ceramah terhadap peningkatan pengetahuan PSN 3 M Plus. Ada beda selisih pengetahuan rata-rata antar kelompok perlakuan dengan p = 0,040. Media e-book cerita bergambar peningkatan pengetahuan PSN 3 M Plus lebih tinggi daripada media ceramah.
Kata kunci : media e-book cerita bergambar, media ceramah, pengetahuan, PSN