PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENINGKATAN PENGETAHUAN BERDASARKAN PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI DAN LEAFLET DALAM GIZI SEIMBANG MASA BALITA
PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENINGKATAN PENGETAHUAN BERDASARKAN PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI DAN LEAFLET DALAM GIZI SEIMBANG MASA BALITA
2021-06-03
en
Thesis
text
Latar Belakang: UNICEF telah memperkenalkan beberapa faktor penyebab terjadinya gizi buruk atau kurang yang sangat terkait dengan tingkat pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan keluarga. Pola pengasuhan dapat berpengaruh terhadap konsumsi makanan anak dan penyakit infeksi yang mungkin diderita anak balita. Upaya peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang memerlukan pendekatan yang strategis, agar dapat tercapai secara efektif dan efisien. Metode penyuluhan kesehatan merupakan salah satu pendekatan yang sering digunakan. Memperoleh pengetahuan bisa dengan mudah didapatkan dari sumber mana saja, baik dari media cetak, sosial media, internet. Kemajuan teknologi pada saat ini memungkinkan seseorang untuk dapat memaksimalkan fungsi telepon genggam atau smartphone dengan aplikasi yang dapat mempermudah memberikan informasi kepada penggunanya. Sedangkan media visual yang dapat menyalurkan pesan yang berupa simbol-simbol komunikasi visual yang perlu dipahami dalam bentuk leaflet.
Tujuan: Menganalisis perbedaan efektivitas peningkatan pengetahuan berdasarkan penggunaan media aplikasi dan leaflet dalam gizi seimbang masa balita.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan pretest-postest with control group design. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Mlati II pada bulan Maret s.d Mei 2021. Sampel dengan jumlah 36 orang dari kelompok aplikasi dan leaflet. Analisis data menggunalan paired t-test dan independent t-test.
Hasil: Rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang sebelum penyuluhan dengan media aplikasi adalah 67.05 dan leaflet 67.85. Sedangkan setelah diberikan penyuluhan menggunakan media aplikasi 84.53 dan leaflet 77.78. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pemberian media terhadap perubahan pengetahuan (delta p= 0,033)
Kesimpulan: ada perbedaan efektivitas penggunaan media aplikasi dan leaflet terhadap pengetahuan gizi seimbang masa balita pada ibu balita di wilayah kerja Puskesmas Mlati II.
Kata Kunci: media aplikasi dan leaflet, pengetahuan, gizi seimbang, balita