PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN ANAK USIA PRASEKOLAH PRE OPERATIF DENGAN GENERAL ANESTESI DI RSUD Dr. SOEDIRMAN KEBUMEN

PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PASIEN ANAK USIA PRASEKOLAH PRE OPERATIF DENGAN GENERAL ANESTESI DI RSUD Dr. SOEDIRMAN KEBUMEN
2020
en
Thesis
text
Latar Belakang : Kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi dapat mengakibatkan terhambat dan sulitnya proses pengobatan dan perawatan terhadap anak yang sakit, apalagi saat akan dilakukan pembedahan, dengan ini perlu adanya tindakan untuk mengalihkan kecemasan yang sedang dirasakan anak yaitu dengan melalui terapi bermain. Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kecemasan pasien anak usia pra sekolah pre operatif dengan general anestesi di RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Metode Penelitian: Jenis Penelitian penelitian pra eksperimen, dengan desain One Group Pre Test And Post Tes Design. Sampel penelitian sejumlah 29 responden dilakukan dengan teknik consecutive sampling, menggunakan instrument kecemasan SCAS-P (Spence Children’s Anxiety Scale Preschool). Pengambilan data dilakukan di RSUD Dr. Soedirman Kebumen pada bulan Januari-Maret 2020. Hasil : Hasil uji analisa data diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test pada pre test menunjukan kecemasan sedang sejumlah 17 orang anak dengan prosentase sebanyak 58.6%, post test menunjukkan cemas sedang sebanyak 8 orang dengan prosentase 27,6%, terjadi penurunan pada cemas berat dan terjadi peningkatan pada cemas ringan sejumlah 21 orang (72,4%). Hasil uji Wilcoxon Rank Test diketahui tingkat signifikansi ρ=0,000 (ρ<0,05). Kesimpulannya ada pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah pre operatif dengan general anestesi di RSUD Dr. Soedirman Kebumen. Kesimpulan : Pemberian terapi bermain berpengaruh terhadap penurunan tingkat kecemasan pada anak usia prasekolah pre operatif dengan general anestesi di RSUD Dr. Soedirman Kebumen Kata Kunci : Terapi Bermain, Kecemasan, Pra Sekolah, General Anestesi.