PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT
KECEMASAN PASIEN ANAK USIA PRASEKOLAH
PRE OPERATIF DENGAN GENERAL ANESTESI
DI RSUD Dr. SOEDIRMAN KEBUMEN
PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP TINGKAT
KECEMASAN PASIEN ANAK USIA PRASEKOLAH
PRE OPERATIF DENGAN GENERAL ANESTESI
DI RSUD Dr. SOEDIRMAN KEBUMEN
2020
en
Thesis
text
Latar Belakang : Kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi dapat
mengakibatkan terhambat dan sulitnya proses pengobatan dan perawatan terhadap
anak yang sakit, apalagi saat akan dilakukan pembedahan, dengan ini perlu adanya
tindakan untuk mengalihkan kecemasan yang sedang dirasakan anak yaitu dengan
melalui terapi bermain.
Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kecemasan pasien
anak usia pra sekolah pre operatif dengan general anestesi di RSUD Dr. Soedirman
Kebumen.
Metode Penelitian: Jenis Penelitian penelitian pra eksperimen, dengan desain One
Group Pre Test And Post Tes Design. Sampel penelitian sejumlah 29 responden
dilakukan dengan teknik consecutive sampling, menggunakan instrument kecemasan
SCAS-P (Spence Children’s Anxiety Scale Preschool). Pengambilan data dilakukan
di RSUD Dr. Soedirman Kebumen pada bulan Januari-Maret 2020.
Hasil : Hasil uji analisa data diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test
pada pre test menunjukan kecemasan sedang sejumlah 17 orang anak dengan
prosentase sebanyak 58.6%, post test menunjukkan cemas sedang sebanyak 8 orang
dengan prosentase 27,6%, terjadi penurunan pada cemas berat dan terjadi
peningkatan pada cemas ringan sejumlah 21 orang (72,4%). Hasil uji Wilcoxon Rank
Test diketahui tingkat signifikansi ρ=0,000 (ρ<0,05). Kesimpulannya ada pengaruh
terapi bermain terhadap tingkat kecemasan anak usia prasekolah pre operatif dengan
general anestesi di RSUD Dr. Soedirman Kebumen.
Kesimpulan : Pemberian terapi bermain berpengaruh terhadap penurunan tingkat
kecemasan pada anak usia prasekolah pre operatif dengan general anestesi di RSUD
Dr. Soedirman Kebumen
Kata Kunci : Terapi Bermain, Kecemasan, Pra Sekolah, General Anestesi.