HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANC DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS JETIS I BANTUL TAHUN 2021

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN ANC DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL DI PUSKESMAS JETIS I BANTUL TAHUN 2021
2021-06-22
id
Thesis
text
Latar Belakang: Memastikan ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan adalah salah satu upaya peningkatan derajat kesehatan pada ibu hamil dan janinnya. Motivasi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan kehamilan perlu diimbangi dengan pelayanan yang berkualitas agar ibu hamil puas dan termotivasi untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin. Pada tahun 2019 di Puskesmas Jetis 1 Bantul capaian K1 telah mencapai 100%, tetapi capaian K4 hanya 82,97%. Sehingga penting untuk dilakukan penelitian tentang hubungan kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan ibu hamil. Tujuan: Mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan ibu hamil di Puskesmas Jetis 1 Bantul. Metode: Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang memeriksaan kehamilannya di Puskesmas Jetis 1 selama tahun 2021, dengan populasi ibu hamil yang periksa ANC dan jumlah sampel sebanyak 55 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dalam bentuk googleform. Analisis data menggunakan chi squre. Hasil: Kualitas pelayanan ANC baik sebanyak 78,2% Tingkat kepuasan ibu hamil adalah puas sebanyak 98,2%. P-value hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan ibu hamil sebesar 0,000 dan OR sebesar 1,333. Kesimpulan: Ada hubungan antara kualitas pelayanan ANC dengan kepuasan ibu hamil di Puskesmas Jetis 1. Kata kunci : kualitas, ANC, kepuasan