PENGARUH PROMOSI TENTANG PERAWATAN ORTHODONTI
MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP TINGKAT
PENGETAHUAN SISWA MTs N 1 YOGYAKARTA
PENGARUH PROMOSI TENTANG PERAWATAN ORTHODONTI
MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP TINGKAT
PENGETAHUAN SISWA MTs N 1 YOGYAKARTA
2021-04-12
en
Thesis
text
Latar Belakang: Berdasarkan laporan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional tahun 2018, sebanyak 34 provinsi mengalami masalah gigi dan mulut yaitu 45,3%. Prevalensi maloklusi di Indonesia masih sangat tinggi sekitar 80% dari jumlah penduduk, karena keparahan dan jumlah malkoklusi terus meningkat maka maloklusi seharusnya dicegah dan ditangani. Diperlukan adanya promosi kesehatan dalam peningkatan pengetahuan masyarakat dalam bidang perawatan orthodonti. Promosi menggunakan aplikasi WhatsApp adalah salah satu cara meningkatkan pengetahuan perawatan orthodonti.
Tujuan Penelitian: Untuk mengidentifikasi pengaruh promosi tentang perawatan orthodonti menggunakan aplikasi WhatsApp terhadap tingkat pengetahuan siswa MTs N 1 Yogyakarta.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan rancangan Non Equevalent Control Group, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu: kelompok eksperimen (n=33) dan kelompok kontrol (n=33). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test.
Hasil Penelitian: Rata-rata skor pretest pada kelompok aplikasi WhatsApp adalah 11,12 dan rata-rata skor posttest pada kelompok aplikasi WhatsApp adalah 12,97, rata-rata skor pretest kelompok kontrol sebesar 10,24 dan rata-rata skor posttest adalah 10,75. Terjadi kenaikan yang signifikan rata-rata skor pretest dan posttest kelompok aplikasi WhatsApp, hasil analisis uji statistic menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh p =0,000 atau p<0,05 artinya ada pengaruh promosi menggunakan aplikasi WhatsApp terhadap tingkat pengetahuan, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh p=0,157 artinya tidak ada pengaruh yang bermakna.
Kesimpulan: Ada pengaruh promosi tentang perawatan orthodonti menggunakan aplikasi WhatsApp terhadap tingkat pengetahuan siswa MTs N 1 Yogyakarta.
Kata Kunci: Promosi perawatan orthodonti, WhatsApp, Pengetahuan.