KELAYAKAN MEDIA VIDEO “STOP ANEMIA” SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN PENANGGULANGAN ANEMIA PADA REMAJA DI SMK N 2 GODEAN

KELAYAKAN MEDIA VIDEO “STOP ANEMIA” SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN PENANGGULANGAN ANEMIA PADA REMAJA DI SMK N 2 GODEAN
2018-10-03
en
Thesis
text
Latar Belakang: Anemia merupakan masalah gizi utama yang masih dihadapi di Indonesia terutama pada remaja dan ibu hamil. Akibat jangka panjang yang dialami oleh remaja dan ibu hamil sangat berbahaya. Untuk mengurangi masalah anemia diperlukan peningkatan kesadaran dan peningkatan pengetahuan. Peningkatan pengetahuan dapat dilakukan salah satunya dengan cara penyuluhan. Penyuluhan menggunakan media dapat membantu meningkatkan pengetahuan. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media video “Stop Anemia” sebagai media penyuluhan penanggulangan anemia. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) adalah penelitian untuk mengembangkan suatu produk yang efektif digunakan, dan bukan untuk menguji suatu teori tertentu. Design penelitian ini adalah pengembangan model 4-D. Hasil:Berdasarkan uji kelayakan oleh ahli materi terdapat beberapa revisi yang selanjutnya media video “Stop Anemia” telah dinyatakan layak dan penelitian dapat dilanjutkan untuk diuji oleh ahli media. Ahli media menyatakan bahwa media video “Stop Anemia” layak sebagai media penyuluhan. Pada uji kelayakan siswa, secara keseluruhan media video “Stop Anemia” dinyatakan layak sebagai media penyuluhan, namun terdapat beberapa unsur yang dinilai kurang baik oleh siswa. Kesimpulan: Video “Stop Anemia” dinyatakan layak sebagai media penyuluhan penanggulangan anemia oleh ahli materi, ahli media, dan siswa sebagai pengguna media.