EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LEAFLET DAN VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA
2018-10-04
en
Thesis
text
Latar Belakang : Penyuluhan tentang gizi sembang masih belum dikenal di kalangan masyarakat luas khususnya remaja maka dari itu perlu adanya sosialisasi dan penyampaian Pedoman Gizi Seimbang. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja memerlukan cara pendekatan yang strategis agar tercapai secara efektif dan efisien. Metode penyuluhan kesehatan salah satu pendekatan yang sering digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi sehingga informasi yang diberikan dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh audien. Berbagai media yang digunakan sebagai penunjang dan alat bantu untuk metode penyuluhan salah satunya adalah media visual yang dapat menyalurkan pesan yang berupa simbol-simbol komunikasi visual yang perlu dipahami dalam bentuk leaflet dan audiovisual yang dapat memberikan stimulasi secara nyata berisi gambar gerak dan unsur suara dengan durasi waktu relatif pendek yang ditayangkan dalam bentuk video.
Tujuan : Menganalisis Keefektivitasan Penggunaan Media Leaflet dan Video Terhadap Pengetahuan Pedoman Gizi Seimbang Pada Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Metode : Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan pretest-postest with control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Yogyakarta pada tanggal 5-6 April 2018. Sampel dengan jumlah 36 orang dari kelompok leaflet dan video. Analisis data menggunalan paired t-test dan independent t-test.
Hasil : Rata-rata skor pengetahuan gizi seimbang sebelum penyuluhan dengan media leaflet adalah 8,94 dan video 9,44. Sedangkan setelah diberikan penyuluhan menggunakan media leaflet 10,78 dan video 12,11. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pemberian media terhadap perubahan pengetahuan (delta p=0,002).
Kesimpulan : ada perbedaan efektivitas penggunaan media leaflet dan video terhadap pengetahuan pedoman gizi seimbang pada siswa SMPN 5 Yogyakarta.
Kata Kunci : media leaflet dan video, pengetahuan, pedoman gizi seimbang