TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN MAKANAN MENURUT KARAKTERISTIK PASIEN DI RSUD HANAU, KAB.SERUYAN KALIMANTAN TENGAH

TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN MAKANAN MENURUT KARAKTERISTIK PASIEN DI RSUD HANAU, KAB.SERUYAN KALIMANTAN TENGAH
2018-10-06
en
Thesis
text
Latar Belakang : Rumah sakit dengan pelayanan terbaik merupakan salah satu alasan seseorang memilih Rumah Sakit tersebut, sasaran pelayanan keseatan Rumah Sakit tidak hanya untuk individu pasien, tetaoi juga berkembang untuk keluarga pasien dan masyarakat umum. Begitu pula dengan makanan yang disajikan bermutu baik jika makanan tersebut mempunyai cita rasa tinggi, penampilan dan penyajian menarik sehingga mendorong pasien untuk menghabiskan makanan yang disajikan agar dapat mempercepat proses penyembuhannya. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien pada pelayanan makanan menurut karakteristik pasien di RSUD Hanau, Kab.Seruyan Kalimantan Tengah. Pada bulan maret – mei 2018, jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional.jumlah sampel sebanyak 66 orang diambil dengan cara consecutive sampling. Metode Penelitian : Data diperolah dengan pengisian kuesioner tingkat kepuasan responden pada pelayanan makanan menurut karakteristik meliputi umur, jenis kelamin, pendidikan lama rawat inap, dan jenis penyakit, waktu pengambilan data pada bulan maret – mei 2018, Data dianalasis dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian : Karakteristik sebagian besar responden umur 18 -55th dengan kategori dewasa yaitu 80,3%, berjenis kelamin laki – laki sebanyak 54,5%, latar belakang pendidikan rendah (SLTP) 60,0%, lama rawat inap pendek ≤ 4 hari sebanyak 68% dan pasien jenis penyakit non infeksi 72,7%. Tingkat kepuasan responden pada pelayanan makanan pada rasa puas 62% dan untuk tidak puas 38%, hasil uji statistik menggunakan chi square menunjukkan bahwa ada hubungan tingkat kepuasan pasien pada pelayanan makanan menurut lama rawat inap di RSUD Hanau,Kab.Seruyan,Kalimantan Tengah didapat nilai p = 0,001 < 0,005. Kesimpulan : Bahwa tidak ada hubungan antara tingkat kepuasan pasien pada pelayanan makanan menurut karakteristik pasien di RSUD Hanau, Kab.Seruyan Kalimantan Tengah Kata Kunci : Tingkat kepuasaan pasien, Karakteristik pasien