PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG AKTIFITAS FISIK DAN MAKANAN FAST FOOD PADA REMAJA GEMUK SMP DI YOGYAKARTA

PENGARUH PENYULUHAN DENGAN MEDIA POSTER TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG AKTIFITAS FISIK DAN MAKANAN FAST FOOD PADA REMAJA GEMUK SMP DI YOGYAKARTA
2018-10-07
en
Thesis
text
Latar Belakang : Aktifitas fisik rendah merupakan salah satu resiko terjadinya gizi lebih atau obesitas. Selain itu pemilihan makanan pada remaja tidak memperhatikan kandungan gizinya melainkan sekedar merasakan kenikmatan dan kesenangan. Pengetahuan mempunyai peran penting dalam pembentukan kebiasaan seseorang. Salah satu cara meningkatkan pengetahuan yaitu dengan pendidikan kesehatan diantaranya penyuluhan. Media yang digunakan pada penelitian yaitu poster dan flipchart. Tujuan Penelitian : mengetahui pengaruh penyuluhan media poster terhadap pengetahuan aktifitas fisik dan makanan fast food pada remaja gemuk SMPN 1 dan 6 Yogyakarta. Metode Penelitian : Penelitian ini yaitu quasi eksperiment dengan rancangan pretest dan posttest with control group design. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2018. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 1 dan 6 Yogyakarta dengan status gizi gemuk. Sampel dengan jumlah 51 siswa. Analisis data menggunakan independent samples t-test. Hasil Penelitian : Rata-rata skor pengetahuan aktifitas fisik sebelum pemberian media poster 4,96 (1,822) sedangkan sesudahnya yaitu 8,12 (1,336) dan rata-rata skor pengetahuan makanan fast food sebelum pemberian media poster 4,92 (1,598) sedangkan sesudahnya yaitu 7,19 (1,386). Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pemberian media poster terhadap pengetahuan aktifitas fisik (p =0,006) dan pengetahuan makanan fast food (p=0,002). Kesimpulan : Penyuluhan dengan media poster lebih evektif meningkatkan pengetahuan siswa tentang aktivitas fisik dan makanan fast food. Kata Kunci : Poster, Flipchart, Pengetahuan, Aktifitas fisik, Fast