PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER TENTANG KEHILANGAN GIGI TERHADAP MOTIVASI PENGGUNAAN GIGI TIRUAN
PENGARUH PROMOSI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER TENTANG KEHILANGAN GIGI TERHADAP MOTIVASI PENGGUNAAN GIGI TIRUAN
2021-10-05
id
Thesis
text
Latar Belakang: Aspek pola pikir masyarakat yang menganggap bahwa penggunaan gigi tiruan bukan suatu hal yang penting menjadi salah satu faktor rendahnya pengetahuan dan kurangnya motivasi masyarakat tentang penggunaan gigi tiruan. Dari data Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 menyatakan bahwa di kota Tanjungbalai yang mengalami kehilangan gigi sebesar 11,2% sedangkan yang menerima tindakan pemasangan gigi palsu hanya sebesar 1,26%. Maka dari itu, diharapkan promosi menggunakan media poster tentang kehilangan gigi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam penggunaan gigi tiruan. Tujuan: Diketahui pengaruh promosi menggunakan media poster terhadap motivasi penggunaan gigi tiruan.
Metode: Penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan one group pretest-postest dengan variabel independent penelitian yaitu promosi menggunakan media poster dan variabel dependent penelitian yaitu motivasi penggunaan gigi tiruan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2021. Populasi studi penelitian adalah masyarakat yang mengalami kehilangan gigi di Kelurahan Tanjungbalai Kota II. Sampel dengan jumlah 30 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisis data menggunakan paired sample t-test.
Hasil: Rata-rata skor tingkat motivasi sebelum diberikan promosi menggunakan media poster tentang kehilangan gigi adalah 8,11, sedangkan rata-rata skor tingkat motivasi setelah diberikan promosi menggunakan media poster tentang kehilangan gigi adalah 13,90 dengan hasil selisih skor sebanyak 5,374. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh promosi menggunakan media poster tentang kehilangan gigi terhadap motivasi penggunaan gigi tiruan dengan nilai p (0,000) < ɑ (0,05).
Kesimpulan: Promosi menggunakan media poster tentang kehilangan gigi berpengaruh terhadap motivasi penggunaan gigi tiruan.
Kata Kunci: promosi, media poster, kehilangan gigi, motivasi, gigi tiruan