Hubungan Kualitas Pelayanan di Klinik Gigi Terhadap Kepuasan Pasien Kontrol Orthodontic Cekat di Masa Pandemi Covid19
Hubungan Kualitas Pelayanan di Klinik Gigi Terhadap Kepuasan Pasien Kontrol Orthodontic Cekat di Masa Pandemi Covid19
2021-10-07
en
Thesis
text
Latar belakang: Pandemi covid-19 membuat klinik gigi perlu menaati protokol
kesehatan sehingga pasien merasa nyaman dengan kualitas pelayanan yang di
berikan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan data, 50% responden
menyatakan cukup baik, serta tingkat kepuasan pasien didapatkan data 40%
responden menyatakan kurang puas.
Tujuan penelitian: Diketahui adanya hubungan kualitas pelayanan orthodontik
dengan kepuasan pasien di klinik gigi pada masa pandemi covid-19.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan
cross sectional, jumlah sampel 38 responden. Variabel penelitian ini adalah kualitas
pelayanan orthodontik cekat dan kepuasan pasien orthodonti cekat. Penelitian
dilakukan bulan Agustus-September 2021. Metode pengumpulan data
menggunakan kuisioner melalui media online (goole form). Analilis data
menggunakan analisisi bivariet, disajikan dalam bentuk tabulasi silang dengan uji
korelasi (kendels tau).
Hasil penelitian: responden berjenis kelamin perempuan sebanyak 24 responden
(63,2%), responden berusia 13-18 tahun sebanyak 25 responden (65,8%),
responden berpendidikan sekolah menengah atas (SMA) sebanyak 26 responden
(68,4%), responden menyatakan kualitas pelayanan cukup baik sebanyak 16
responden (42,1%), selain itu responden menyatakan cukup puas sebanyak 16
responden (42,1%), kualitas pelayanan cukup baik memiliki kepuasan pasien yang
cukup puas sebanyak 10 responden (26,3%) dan hasil uji kendalls tau memiliki nilai
signivikansi sebesar 0,014 dan nilai keofisien korelasi 0,362.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan di klinik gigi Max + Dental Care Bumijo
berhubungan kuat dengan kepuasan pasien di masa pandemi covid-19.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan