EFEKTIVITAS STIKER PESAN GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR
EFEKTIVITAS STIKER PESAN GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG SISWA SEKOLAH DASAR
2021-06-03
en
Thesis
text
ABSTRAK
Latar Belakang: Hasil Riskesdas 2018 menunjukkan adanya prevalensi status gizi kurus dan gemuk pada anak yang cukup tinggi. Upaya promosi kesehatan dilakukan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan sikap anak mengenai pesan gizi seimbang dengan menggunakan media edukasi yang menarik dan mudah dipahami. Sehingga dapat membantu pencegahan dan penanggulangan terhadap status gizi kurus dan gemuk pada anak.
Tujuan: Mengetahui perbedaan efektivitas pemberian edukasi dengan media stiker dan power point dibandingkan dengan pemberian edukasi hanya menggunakan power point terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang pesan gizi seimbang.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Kembangjitengan 2 dan SDN Jatisawit dengan sampel penelitian sebanyak 96 siswa. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil: Rata-rata skor pengetahuan pesan gizi seimbang sebelum pemberian media stiker dan power point adalah 6,88 sedangkan rata-rata skor pengetahuan pesan gizi seimbang setelah pemberian media stiker dan power point adalah 8,69. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media stiker dan power point terhadap pengetahuan pesan gizi seimbang (p=0,000). Rata-rata skor sikap gizi seimbang sebelum pemberian media stiker dan power point adalah 34,15 sedangkan rata-rata skor sikap gizi seimbang setelah pemberian media stiker dan power point adalah 36,71. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media stiker dan power point terhadap sikap gizi seimbang (p= 0,000).
Kesimpulan: Ada pengaruh pemberian media stiker terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang pesan gizi seimbang.
Kata Kunci: Media stiker, power point, pengetahuan, sikap, gizi seimbang.