PENGARUH MANDALA PATTERN COLORING THERAPY TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN KEPERAWATAN
POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
PENGARUH MANDALA PATTERN COLORING THERAPY TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR JURUSAN KEPERAWATAN
POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
2022-04-20
id
Thesis
text
Latar Belakang: Stres akademik adalah respon negatif yang dialami mahasiswa tingkat akhir akibat dari beban akademik yang terlalu berat, sehingga menyebabkan perubahan psikologis maupun biologis. Salah satu terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi stres akademik adalah Mandala Pattern Col-oring Therapy yang dapat merelaksasi individu.
Tujuan: Diketahuinya Pengaruh Mandala Pattern Coloring Therapy terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Keperawatan.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Designs dengan One-Group Pre-Post Test Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel yang digunakan merupakan Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Keperawatan berjumlah 83 responden. Uji statistik menggunakan wilcoxon signed ranks test.
Hasil: Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 67,5% mahasiswa yang mengalami stress ringan dan 32,5% mahasiswa yang mengalami stress sedang dari hasil nilai pre-test, Setelah diterapi menggunakan Mandala Pattern Coloring Therapy seluruh responden mengalami perubahan tingkat stres menjadi stress ringan (100%). Hasil uji statistik menunjukan p.value 0,000 (P < 0,05).
Kesimpulan: Mandala pattern coloring therapy berpengaruh terhadap stres akademik pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Kata Kunci: Mahasiswa Keperawatan, Mandala Pattern Coloring Therapy, Stres Akademik.