PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS VIDEO MELALUI ZOOM MEETING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN ASUPAN CAIRAN PASIEN HEMODIALISIS DI RUANG HEMODIALISA RSPAU dr. S. HARDJOLUKITO

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN BERBASIS VIDEO MELALUI ZOOM MEETING TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN ASUPAN CAIRAN PASIEN HEMODIALISIS DI RUANG HEMODIALISA RSPAU dr. S. HARDJOLUKITO
2022-05-17
id
Thesis
text
Latar Belakang: Salah satu komplikasi yang sering dirasakan oleh pasien hemodialisa adalah kelebihan cairan (overload), dimana hal ini terjadi karena kurangnya kepatuhan dalam pembatasan asupan cairan. Pendidikan kesehatan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kepatuhan, salah satunya adalah memberikan pendidikan pembatasan asupan cairan. Tujuan: Diketahuinya pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video melalui ZOOM MEETING terhadap tingkat kepatuhan asupan cairan pasien hemodialisis di Ruang Hemodialisa RSPAU dr. S. Hardjolukito Metode: Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental dengan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan merupakan pasien hemodialisis di Ruang Hemodialisa RSPAU dr. S. Hardjolukito berjumlah 25 responden. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebelum dilakukan intervensi tidak terdapat perbedaan tingkat kepatuhan pada kelmpok kontrol dan kelompok intervensi dengan hasil sum of ranks=40,50 (positive ranks) dan p=0,500 (p>0,05). Setelah dilakukan intervensi, responden mengalami peningkatan kepatuhan pada kelompok kontrol dan kelompok intervensi dengan hasil sum of ranks= 78,00 (negative ranks) dan p=0,002 (p<0,05). Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan data post-test dengan p=0,002, sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan berbasis video melalui ZOOM MEETING terhadap tingkat kepatuhan asupan cairan pasien hemodialisis di Ruang Hemodialisa RSPAU dr. S. Hardjolukito. Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, Kepatuhan Asupan Cairan, Pasien Hemodialisis.