EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG ANAK USIA SEKOLAH DASAR
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO GIZI SEIMBANG SEBAGAI MEDIA EDUKASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG GIZI SEIMBANG ANAK USIA SEKOLAH DASAR
2022-03-22
en
Thesis
text
Latar Belakang : Salah satu masalah gizi pada anak usia sekolah yaitu gizi kurang yang merupakan kondisi tidak sehat akibat tidak tercukupinya kebutuhan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Edukasi mengenai gizi seimbang menggunakan media merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan perubahan sikap gizi seimbang dengan tujuan untuk menanggulangi masalah gizi kurang. Media dalam penelitian ini adalah video dan leaflet gizi seimbang.
Tujuan Penelitian : Mengetahui efektivitas edukasi gizi seimbang melalui media video dan leaflet gizi seimbang terhadap tingkat pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar di Sekolah Dasar Negeri Karangsono 1.
Metode Penelitian : Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pre-post test with control group design. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Januari hingga Februari 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Negeri Karangsono 1 dengan sampel sejumlah 31 siswa setiap kelompoknya. Analisis data menggunakan independent sample t-test.
Hasil : Mendapatkan hasil kenaikan 25,94 pada pengetahuan perlakuan dan 18,32 pada pengetahuan kontrol, serta 11,87 pada sikap perlakuan dan 6,22 pada sikap kontrol. Hasil uji statistic menunjukkan adanya nilai perbedaan pada pengetahuan (p=0,030) dan sikap (p=0,008).
Kesimpulan : Media video gizi seimbang lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap gizi seimbang anak usia sekolah dasar dibandingkan media leaflet gizi seimbang.
Kata Kunci : anak sekolah dasar, gizi seimbang, media leaflet, media video, pengetahuan, sikap