GAMBARAN MEKANISME KOPING DALAM MENYUSUN TUGAS AKHIR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

GAMBARAN MEKANISME KOPING DALAM MENYUSUN TUGAS AKHIR DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
2022-04-20
id
Thesis
text
Latar Belakang : Tugas akhir merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan gelar sarjana terapan ataupun ahli madya. Proses penyusunan tugas akhir dibawah bimbingan dosen pembimbing sehingga memenuhi kaidah dan standar kualitas sesuai dengan keilmuannya. Penyusunan tugas akhir merupakan salah satu penyebab mahasiswa menjadi stres. Keadaan Indonesia yang masih melawan pandemi Covid-19 membuat sumber stressor mahasiswa menjadi semakin besar, hal ini dikarenakan mahasiswa lebih banyak melakukan bimbingan secara online daripada bimbingan secara offline. Mahasiswa dituntut untuk mampu dalam menganalisis permasalahan yang diteliti. Cara mengatasi stressor tersebut, mahasiswa harus memiliki mekanisme koping yang baik. Tujuan : Mengetahui gambaran mekanisme koping dalam menyusun tugas akhir di masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Metode : Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain survei. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner mekanisme koping berupa g-form. Teknik pengambilan sampel dengan cara proportional random sampling dengan jumlah sampel 85 mahasiswa. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil : Mahasiswa yang menggunakan Emotional Focused Coping berjumlah 49 mahasiswa (57,64%) dan mahasiswa yang menggunakan Problem Focused Coping berjumlah 36 mahasiswa (42,36%). Kesimpulan : Sebagian besar mahasiswa menggunakan Emotional Focused Coping dalam menyusun tugas akhir di masa pandemi Covid-19. Mahasiswa diharapkan menggunakan mekanisme koping yang efektif dalam menyusun tugas akhir. Kata Kunci : Covid-19, Mekanisme Koping, Tugas Akhir Mahasiswa