HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK DESA JUMOYO SALAM MAGELANG

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK PRA SEKOLAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK DESA JUMOYO SALAM MAGELANG
2022-04-27
en
Thesis
text
Latar belakang : Usia prasekolah 3-6 tahun merupakan masa keemasan, dan masa kritis bagi perkembangan. Tumbuh kembang anak yang optimal dapat tercapai apabila ada interaksi antara anak dan orang tua. Diberlakukannya pembatasan social pada saat pandemi Covid-19 mengakibatkan anak sulit untuk bersosialisasi dan ketergantungan pada orang tua. Pola asuh orang tua berperan penting terutama kepada perkembangan anak, terutama perkembangan psikososial anak. Tujuan: mengetahui adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak usia pra sekolah pada masa pandemic Covid-19 di TK Desa Jumoyo, Salam, Magelang Metode: jenis penelitian cross sectional. Jumlah responden 112 orang tua dipilih menggunakan proporsional random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner pola asuh orang tua dan perkembangan psikososial anak, hasil uji menggunakan pearson Chi-Square. Hasil penelitian: pola asuh yang diterapkan demokratis (48,2%), otoriter, (36,6%) permisif (15,2%). Perkembangan psikososial anak usia pra sekolah pada tahap inisiatif (41,1%) rasa bersalah(58,9%). hasil uji pearson Chi-Square dengan p-value 0,001<0,05 dan keeratan hubungan sebesar 0,679. Kesimpulan: hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan psikososial anak di TK Desa Jumoyo, Salam, Magelang. Kata kunci: anak pra sekolah, pandemi Covid-19, pola asuh, perkembangan psikososial