Pengaruh Bermain Dakon Terhadap Perkembangan Personal Sosial pada Anak Usia Prasekolah di TK Al-Mujahidin Cilacap

Pengaruh Bermain Dakon Terhadap Perkembangan Personal Sosial pada Anak Usia Prasekolah di TK Al-Mujahidin Cilacap
2022-04-27
id
Thesis
text
Latar Belakang: Perkembangan anak di masa prasekolah merupakan tahap dasar yang berpengaruh terhadap perkembangan selajutnya. Pemberian stimulasi perkembangan personal sosial dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sosial anak. Stimulasi dengan bemain dakon dapat meningkatkan perkembangan personal sosial anak karena terjadi komunikasi dan kerjasama antar anak saat bermain serta kemampuan motorik anak terasah.. Tujuan Penelitian: Mengetahui Pengaruh Bermain dakon terhadap Perkembangan Personal Sosial pada anak usia Prasekolah di TK Al-Mujahidin Cilacap. Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan purposive sampling, menggunakan urutan absen kelas responden yang sesuai dengan kriteria kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebanyak 60 responden. Hasil: Hasil Uji Wilcoxon didapatkan hasil p value sebesar 0,000 < 0,05. Apabila p value lebih kecil dari 0,05 berarti Ha diterima, maka terdapat pengaruh bermain dakon terhadap perkembangan Personal Sosial anak usia prasekolah. Kesimpulan: Terdapat pengaruh pengaruh bermain dakon terhadap perkembangan personal sosial anak usia prasekolah di TK Al-Mujahidin Cilacap. Kata Kunci: Bermain Dakon, Perkembangan Personal Sosial, Perkembangan, Anak, Prasekolah