PENGGUNAAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SD NEGERI BALONG TIMBULHARJO BANTUL YOGYAKARTA

PENGGUNAAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA SISWA SD NEGERI BALONG TIMBULHARJO BANTUL YOGYAKARTA
2019-01-25
en
Thesis
text
Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare. Angka kejadian tertinggi diare pada Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yakni pada tahun 2017 sebesar 5,91 per 1000 penduduk. Berdasarkan data yang didapatkan bahwa 40% siswa Sekolah Dasar tidak mengetahui cara cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar. Salah satu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menggunakan media kreatif pop-up book. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap perilaku cara mencuci tangan pakai sabun pada siswa SD Negeri Balong Timbulharjo. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment dengan desain penelitian Pretest Posttest With Control Group Design. Subyek penelitian ini adalah siswa pada kelas 3-4 dengan jumlah 60 siswa, 30 siswa sebagai kelompok eksperimen penyuluhan yang menggunakan media kreatif pop-up book dan 30 siswa lainnya sebagai kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Data yang terdapat dalam penelitian ini diolah dengan uji statistik Kolmogrov Smirnov dan uji T-test Bebas dengan α = 0,05 untuk membandingkan perilaku CTPS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan antara perilaku Cuci Tangan Pakai sabun (CTPS) antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai P-value < 0,05 yakni 0,003. Perilaku CTPS meningkat sebesar 64%.