PENGGUNAAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN DALAM
MENINGKATKAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA
SISWA SD NEGERI BALONG TIMBULHARJO BANTUL YOGYAKARTA
PENGGUNAAN POP-UP BOOK SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN DALAM
MENINGKATKAN PERILAKU CUCI TANGAN PAKAI SABUN PADA
SISWA SD NEGERI BALONG TIMBULHARJO BANTUL YOGYAKARTA
2019-01-25
en
Thesis
text
Cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang telah terbukti secara ilmiah
dapat mencegah penyebaran penyakit menular seperti diare. Angka kejadian tertinggi
diare pada Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yakni pada tahun 2017
sebesar 5,91 per 1000 penduduk. Berdasarkan data yang didapatkan bahwa 40%
siswa Sekolah Dasar tidak mengetahui cara cuci tangan pakai sabun yang baik dan
benar. Salah satu upaya yang dapat digunakan dalam mengatasi hal tersebut adalah
dengan penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) menggunakan media kreatif
pop-up book. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pop-up book terhadap perilaku cara mencuci tangan pakai sabun pada siswa SD
Negeri Balong Timbulharjo. Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment dengan
desain penelitian Pretest Posttest With Control Group Design. Subyek penelitian ini
adalah siswa pada kelas 3-4 dengan jumlah 60 siswa, 30 siswa sebagai kelompok
eksperimen penyuluhan yang menggunakan media kreatif pop-up book dan 30 siswa
lainnya sebagai kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Data yang terdapat
dalam penelitian ini diolah dengan uji statistik Kolmogrov Smirnov dan uji T-test
Bebas dengan α = 0,05 untuk membandingkan perilaku CTPS antara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada
perbedaan antara perilaku Cuci Tangan Pakai sabun (CTPS) antara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai P-value < 0,05 yakni 0,003. Perilaku
CTPS meningkat sebesar 64%.