PENGARUH EDUKASI PMBA DENGAN MEDIA E-BOOKLET DAN POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BADUTA

PENGARUH EDUKASI PMBA DENGAN MEDIA E-BOOKLET DAN POWERPOINT TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU BADUTA
2022-04-26
en
Thesis
text
Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan dan sikap pada ibu dalam pemberian makan bayi dan anak yang tepat dan sesuai dapat menyebabkan masalah gizi kurang pada anak baduta. Data Dinas Kesehatan Klaten tahun 2019 menunjukkan prevalensi gizi kurang di Puskesmas Trucuk II sebesar 19,1%. Tujuan: Diketahuinya pengaruh edukasi PMBA dengan media e-booklet dan powerpoint terhadap pengetahuan dan sikap ibu baduta Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi eksperimental dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Penelitian dilakukan di Desa Kalikebo dan Desa Gaden, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. Jumlah sampel ibu baduta sebanyak 50 perlakuan dan 50 kontrol. Setiap kelompok diberikan pretest kemudian dilakukan edukasi PMBA dengan media e-booklet pada kelompok perlakuan dan powerpoint pada kelompok kontrol, lalu diberikan posttest 1 dan diberikan posttest 2 kembali setelah 1 minggu. Data yang dikumpulkan yaitu pengetahuan dan sikap. Uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov sminov. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil: Kedua media berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan (p=0,000) untuk e-booklet, pada powerpoint (p=0,004) dan (p=0,030), serta sikap (p=0,000) dan (p=0,014) untuk e-booklet, pada powerpoint (p=0,021) dan (p=0,360). Kesimpulan: Media powerpoint lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sedangkan media powerpoint dan e-booklet mempunyai keefektivitasan yang sama terhadap peningkatan sikap. Kata kunci : edukasi pmba, e-booklet, powerpoint, pengetahuan, sikap