EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA ANAK SEKOLAH DASAR

EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KARIES PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jurusan Keperawatan Gigi
en
Thesis
text
ABSTRAK Latar Belakang: Tingginya angka kerusakan gigi pada anak sekolah dasar dipengaruhi oleh rendahnya tingkat pengetahuan karies.Kerusakan gigi pada kelompok umur 12 tahun sebesar 1,4% yang berarti kerusakan gigi anak di Indonesia 140 buah gigi per 100 anak.Jawa Tengah pada tahun 2013 menempati urutan ke-17 dari 33 provinsi sebesar 25,4%. Media kartu kuartet dapat digunakan untuk meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar. Media kartu kuartet keberadaannya yang tidak asing, mudah dimainkan, dan anak dapat berperan langsung dalam penyuluhan. Tujuan Penelitian:Mengetahui efektivitas penyuluhan media kartu kuartet terhadap tingkat pengetahuan karies pada anak sekolah dasar Metode Penelitian:Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Control Group. Sampel penelitian 80 responden yang diambil menggunakan quota sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann-Whitney. Hasil Penelitian:Nilai rata – rata posttest pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 51,45 > 29,55. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penyuluhan menggunakan media kartu kuartet pada kelompok eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan penyuluhan secara konvensional pada kelompok kontrol. Kesimpulan: Penyuluhan menggunakan media kartu kuartet efektif dalam meningkatkan pengetahuan karies pada anak sekolah dasar. Kata Kunci :efektivitas, penyuluhan, kartu kuartet, tingkat pengetahuan, karies