EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM DAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI ANAK SEKOAH DASAR
EFEKTIVITAS PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA PHANTOM DAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN MENYIKAT GIGI ANAK SEKOAH DASAR
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Jurusan Keperawatan Gigi
2019-04-25
en
Thesis
text
ABSTRAK
Latar Belakang : kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi anak sekolah yang mana paling rentan terhadap kesehatan gigi dan mulut terutama dalam kegiatan menyikat gigi. Pengetahuan anak dalam menyikat gigi rata rata masih kurang hasil studi pendahuluan menyebutkan bahwa 100 % siswa menyikat gigi setiap hari, 55.5 % siswa menyikat gigi 2 kali sehari dan 92,5 % siswa menyikat gigi ketika mandi, sehingga perlu dilakukan penyuluhan menyikat gigi guna meningkatkan pengetahuan menyikat gigi sehingga anak dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut. Dalam melakukan penyuluhan dapat menggunakan berbagai cara termasuk dengan menggunakan media phantom atau pun menampilkan video animasi.
Tujuan Penelitian : Mengetahui efektivitas penyuluhan menggunakan media Phantom dan media Video Animasi terhadap tingkat pengetahuan menyikat gigi anak sekolah dasar.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah quasi experiment menggunakan rancangan pre-test dan post-test group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2019. Populasi studi penelitian ini adalah 40 siswa MI Ma’arif Klangon, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta dan SD Negri Tanjung, Kalibawang, Kulonprogo, Yogyakarta. Sampel dengan jumlah 40 siswa, analisis data menggunakan wilcoxon dan maan-whitney.
Hasil Penelitian : Rata – rata sebelum dilakukan penyuluhan dengan media phantom sebesar 6,25 dan setelah dilakukan penyuluhan meningkat menjadi 8,35. Nilai rata – rata sebelum dilakukan penyuluhan menggunakan media video animasi adalah 6,45 setelah dilakukan penyuluhan meningkat menjadi 9,20. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh penyuluhan menggunakan media video animasi lebih besar dengan nilai asym . sig 0,001.
Kesimpulan : penyuluhan menggunakan media animasi lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan.
Kata Kunci : efektivitas, penyuluhan menyikat gigi, phantom, video animasi.