KAJIAN KARAKTERISTIK IBU (PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN) DAN
PERILAKU KELUARGA DALAM MENERAPKAN KELUARGA SADAR
GIZI (KADARZI) DI DESA AMBARKETAWANG KECAMATAN
GAMPING KABUPATEN SLEMAN
KAJIAN KARAKTERISTIK IBU (PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN) DAN
PERILAKU KELUARGA DALAM MENERAPKAN KELUARGA SADAR
GIZI (KADARZI) DI DESA AMBARKETAWANG KECAMATAN
GAMPING KABUPATEN SLEMAN
2016-10-02
en
Thesis
text
Di Indonesia masih banyak dijumpai masalah gizi, seperti Kurang Vitamin A (KVA), Anemia Gizi Besi (AGB), dan Gangguan Akibat Kurang Yodium (GAKY).Salah satu upaya pemerintah dalam menangani masalah gizi yaitu dengan
peningkatan status gizi keluarga melalui program Keluarga Sadar Gizi (KADARZI).Target pencapaian KADARZI Sleman 65% dan pencapaian KADARZI Ambarketawang 90,89%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu
(pendidikan dan pekerjaan) dan perilaku keluarga dalam menerapkan KADARZI.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey yang bersifat deskriptif dengan pendekatan rancangan studi cross sectional. Sebanyak 36 keluarga di Ambarketawang Gamping Sleman dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terhadap ibu menggunakan kuesioner dan tes yodina.
Sebanyak 52,8% keluarga belum menerapkan perilaku KADARZI yaitu penimbangan berat badan balita secara teratur, pemberian ASI eksklusif, dan konsumsi makan beraneka ragam. Pencapaian perilaku KADARZI keluarga dengan
ibu berpendidikan tinggi lebih tinggi daripada ibu berpendidikan dasar, begitu juga pada keluarga yang belum KADARZI. Pencapaian perilaku KADARZI keluarga dengan ibu yang tidak bekerja lebih tinggi daripada ibu yang bekerja, begitu juga pada keluarga yang belum KADARZI.
Kata kunci : Pendidikan, Pekerjaan, Ibu, Perilaku KADARZI