PERSEPSI PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA TELEDENTISTRY DALAM UPAYA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KLINIK PRATAMA ANDAMARI YOGYAKARTA
PERSEPSI PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA TELEDENTISTRY DALAM UPAYA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KLINIK PRATAMA ANDAMARI YOGYAKARTA
2022-06-20
en
Thesis
text
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh
seara umum, persepsi kesehatan gigi dan mulut yang baik menentukan pengetahuan
kesehatan seseorang, pandemi covid-19 memberikan sebuah berubahan bagi
kesehatan gigi dan mulut, rentannya tenaga medis maupun pasien tertular saat
tindakan medis. Penerapan teledentistry menjadi alternatif pelayanan kesehatan gigi
dan mulut pada masa pandemi covid-19.
Tujuan Penelitian: Diketahuinya persepsi pasien terhadap penggunaan media
teledentistry dalam upaya pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi
covid-19 di Klinik Pratama Andamari Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan
rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien
klinik pratama andamari yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 60 orang yang
diambil menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu dan dianalisis menggunakan tabulasi
silang, data yang diambil meliputi persepsi penggunaan media teledentistry pada
masa pandemi covid 19 di Klinik Pratama Andamari Yogyakarta dengan pengisian
kuisioner.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi pasien terhadap
penggunaan media teledentistry dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada
masa pandemi covid-19 di klinik Pratama Andamari Yogyakarta dalam kategori
baik sebanyak 53 responden (88,3%) dan yang masuk dalam kategori buruk
sebanyak 7 responden (11,7%).
Kesimpulan: Responden memiliki Persepsi penerapan media teledentistry dalam
pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi covid-19 di Klinik Pratama
Andamari Yogyakarta dalam kategori baik sebanyak 88,3%.
Kata Kunci: Persepsi pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, penerapan media
teledentistry.