PERSEPSI PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA TELEDENTISTRY DALAM UPAYA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KLINIK PRATAMA ANDAMARI YOGYAKARTA

PERSEPSI PASIEN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA TELEDENTISTRY DALAM UPAYA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KLINIK PRATAMA ANDAMARI YOGYAKARTA
2022-06-20
en
Thesis
text
Latar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian dari kesehatan tubuh seara umum, persepsi kesehatan gigi dan mulut yang baik menentukan pengetahuan kesehatan seseorang, pandemi covid-19 memberikan sebuah berubahan bagi kesehatan gigi dan mulut, rentannya tenaga medis maupun pasien tertular saat tindakan medis. Penerapan teledentistry menjadi alternatif pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi covid-19. Tujuan Penelitian: Diketahuinya persepsi pasien terhadap penggunaan media teledentistry dalam upaya pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi covid-19 di Klinik Pratama Andamari Yogyakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien klinik pratama andamari yogyakarta. Jumlah sampel sebanyak 60 orang yang diambil menggunakan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu dan dianalisis menggunakan tabulasi silang, data yang diambil meliputi persepsi penggunaan media teledentistry pada masa pandemi covid 19 di Klinik Pratama Andamari Yogyakarta dengan pengisian kuisioner. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi pasien terhadap penggunaan media teledentistry dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi covid-19 di klinik Pratama Andamari Yogyakarta dalam kategori baik sebanyak 53 responden (88,3%) dan yang masuk dalam kategori buruk sebanyak 7 responden (11,7%). Kesimpulan: Responden memiliki Persepsi penerapan media teledentistry dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi covid-19 di Klinik Pratama Andamari Yogyakarta dalam kategori baik sebanyak 88,3%. Kata Kunci: Persepsi pengetahuan kesehatan gigi dan mulut, penerapan media teledentistry.