PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE TAKE AND GIVE
TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN STUNTING DI PMB BEKTI ISTIRAHAYU PURWOREJO TAHUN 2022
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN METODE TAKE AND GIVE
TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENCEGAHAN STUNTING DI PMB BEKTI ISTIRAHAYU PURWOREJO TAHUN 2022
2022-08-01
en
Thesis
text
Latar Belakang: Kasus stunting yang terjadi dapat disebabkan oleh tingkat pengetahuan ibu
hamil mengenai stunting yang masih rendah. Berdasarkan studi pendahuluan, prevalensi angka
stunting di wilayah PMB Bekti Istirahayu cukup tinggi. Salah satu metode pendidikan
cooperative learning yang telah berhasil diteliti dan diadaptasi dalam pendidikan kesehatan
adalah metode take and give .
Tujuan: Diketahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode take and give terhadap
pengetahuan ibu hamil tentang pencegahan stunting di PMB Bekti Istrirahayu Purworejo
Tahun 2022
Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional kuantitatif. Dengan desain
metode pre-experiment dengan desain one group pre and post test,. Populasi yamg digunakan
adalah semua ibu hamil di wilayah PMB Bekti Istirhayu. Jumlah sampel yang digunakan
adalah 40 responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data
menggunakan analisis univariat, paired t-test dan independent t test dengan derajat
kepercayaan 95%.
Hasil: Pada kelompok eksperimen, rata-rata pengetahuan ibu hamil sebelum penelitian sebesar
66,38, sedangkan setelah intervensi meningkat menjadi 83,33. Berdasarkan uji paired t test
didapatkan nilai p value sebesar <0,001. Pada kelompok kontrol selisih rata-rata pengetahuan
ibu adalah 3,89. Hasil paired t test menunjukkan nilai p value sebesar 0,002. Berdasarkan hasil
analisis independent t test menunjukkan metode take and give berpengaruh terhadap
peningkatan pengetahuan, dinyatakan dengan nilai p value <0.001.
Kesimpulan: Edukasi dengan metode take and give lebih meningkatkan pengetahuan ibu
hamil tentang pencegahan stunting dibanding dengan ceramah menggunakan leaflet