Pengaruh Penyuluhan Gizi Dengan Media Explosion Box dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Isi Piringku Pada Anak SD di Aceh
Pengaruh Penyuluhan Gizi Dengan Media Explosion Box dan Leaflet Terhadap Pengetahuan Isi Piringku Pada Anak SD di Aceh
POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
2023-12-31
eng
info:eu-repo/semantics/article
application/pdf
Salah satu faktor yang menyebabkan masalah gizi pada anak sekolah dasar yakni kurangnya pengetahuan mengenai gizi seimbang. Edukasi mengenai pendidikan gizi merupakan cara untuk meningkatkan pengetahuan. Salah satu upaya meningkatkan pengetahuan gizi dengan memberikan pendidikan gizi menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian media explosion box dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan anak sekolah dasar. Penelitian ini menggungankan quasi experiment dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design/Nonrandomized pretest-posttes control group design. Intervensi yang diberikan adalah edukasi pengetahuan gizi isi piringku menggunakan media explosion box dan leaflet. Sampel penelitian kali ini siswa kelas V SD Negeri di Lhokseumawe yang dipilih secara random dengan memperhatikan strata sekolah, dengan masing masing sebanyak 40 siswa. Pengetahuan diukur menggunakan kuisioner yang akan diberikan sebelum dan sesudah diberikan intervensi. Data perbedaan rata-rata nilai pengetahuan di analisis menggunakan uji Paired sample T-Test. Hasil penelitian menyatakan bahwa media explosion box meningkat 2,7 nilai probabilitas p=0,000. Sementara diketahui hasil nilai rerata pengetahuan menggunakan media leaflet meningkat 1,6 p=0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah media explosion box lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mengenai gizi isi piringku dibandingkan media leaflet.