Pengaruh Pengaruh Edukasi Secara Online Offline terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Baduta tentang PMBA

Pengaruh Pengaruh Edukasi Secara Online Offline terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Baduta tentang PMBA
Poltekkes Kemenkes Yogyakarta
2023-03-30
eng
info:eu-repo/semantics/article
application/pdf
Kurangnya pengetahuan dan sikap pada ibu dalam pemberian makan bayi dan anak yang tepat dan sesuai dapat menyebabkan masalah gizi kurang pada anak baduta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi PMBA secara online dan offline terhadap pengetahuan dan sikap ibu baduta. Penelitian ini menggunakan desain Quasi eksperimental dengan rancangan pretest-posttest with control group design. Penelitian dilakukan di Kabupaten Klaten pada bulan Januari – Februari tahun 2022 dengan jumlah ibu baduta tiap kelompok sebesar 50 orang. Setiap kelompok diberikan pretest kemudian dilakukan edukasi PMBA secara online pada kelompok perlakuan dan offline pada kelompok kontrol. Posttest 1 dan 2 dilakukan untuk mengetahui dampak intervensi terhadap pengetahuan dan sikap. Data dianalisis dengan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi online dan offline meningkatkan pengetahuan ibu tentang PMBA secara bermakna. Pengetahuan ibu baduta pada kelompok edukasi online adalah posttest 1 sebesar 6,77 dan posttest 2 9,43 dan edukasi offline posttest 1 5,22 dan posttest 2 3,89, dan secara statistik bermakna. Dilaporkan pula bahwa intervensi meningkatkan sikap positif responden pada kedua kelompok dan bermakna secara statisktik, yaitu pada kelompok edukasi online adalah posttest 1 sebesar 2,95 dan posttest 2 2,61 dan edukasi offline posttest 1 2,65 dan posttest 2 1,39. Sebagai kesimpulan bahwa edukasi secara offline lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan ibu balita tentang PMBA. Sementara edukasi secara online dan offline mempunyai keefektivitasan yang sama terhadap peningkatan sikap.